English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 28 April 2010

Film Pelecehan Nabi di AS Direvisi, Sosok Nabi Tersebut Diganti Sinterklas

BROOKLYN (voa-islam.com) – Akhirnya film animasi di Amerika Serikat yang melecehkan Nabi Muhammad sebagai sosok binatang beruang disensor. Dalam film edisi revisi, sosok Nabi Muhammad diganti dengan sosok Sinterklas. Keputusan ini dilakukan menyusul protes keras umat Islam AS dan ancaman fisik dari kelompok militan Islama.
Saluran televisi satelit dan kabel di Amerika Serikat (AS), Comedy Central, menyensor tayangan serial komedi khusus penonton dewasa, South Park, pada episode Rabu malam, 21 April 2010. 

Sensor itu dilakukan setelah Comedy Central menerima protes dari komunitas umat muslim di Brooklyn, yang marah dengan tayangan South Park karena dalam salah satu episode menampilkan adegan yang dinilai telah mengolok-olok Nabi Muhammad. Keputusan sensor itu dilakukan agar tidak lagi menyinggung perasaan umat muslim.

Dalam episode pekan lalu, seperti dikutip dari laman harian USA Today, kartun South Park menampilkan sejumlah tokoh agama, termasuk Musa, Yesus, dan Budha, tetapi tidak memperlihatkan Nabi Muhammad dengan jelas.
Dalam salah satu adegan disebutkan bahwa Nabi Muhammad berbicara di dalam suatu mobil trailer dan tidak dimunculkan karakternya. Belakangan, karakter itu keluar dari trailer sambil mengenakan kostum beruang.
Representasi Nabi Muhammad dalam adegan tersebut menimbulkan reaksi keras dari umat Muslim baik di AS maupun di berbagai belahan dunia. Salah satu kelompok yang berinisiatif melancarkan protes adalah Revolution Muslim.

Kelompok Revolution Muslim menuliskan peringatan di situs mereka bahwa tampilan dalam film South Park itu adalah tindakan bodoh. Mereka juga mengancam pencipta South Park, Trey Parker dan Matt Stone, bila tetap menayangkan cerita yang mengolok-ngolok Nabi Muhammad, nasib kedua orang itu akan sama dengan mendiang Theo van Gogh.

Dia adalah sutradara Belanda yang dibunuh pada 2004 karena salah satu filmnya mempertanyakan pandangan Islam mengenai kaum perempuan.
Di Indonesia, kecaman keras disampaikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Forum Umat islam (FUI). Bahkan MUI mengimbau kaum Muslim di tanah air dan seluruh dunia untuk melayangkan protes keras kepada pihak televisi animasi South Park Amerika Serikat yang melecehkan sosok Nabi Muhammad .
Protes keras juga dilakukan oleh anggota DPR RI, Hidayat Nurwahid. Selain menngecam, wakil rakyat dari Fraksi PKS ini bahkan mendesak adanya langkah konkret dari pemerintah RI untuk secepatnya mengirimkan nota protes kepada Pemerintah AS.
Ternyata protes umat Islam ini membuahkan hasil. Dalam tayangan episode yang sudah disensor Rabu malam, tokoh yang mengenakan kostum beruang, yang semula digambarkan sebagai Nabi Muhammad, diganti menjadi Sinterklas.  Parker dan Stone mengungkapkan bahwa episode itu disensor setelah mereka mengirimkannya ke Comedy Central

Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Assalamualaikum.. Temen2 jangan lupa Komentar na ^_^

Alquran @ HamdaniSekumpul