Pages

Ads 468x60px

Ketika Ulama Salaf menghadapi godaan kekuasaan

Dari Al-A'masy diriwayatkan bahwa ia berkata: Dari Malik bin Harits, dari Abdurrahman bin Yazid diriwayatkan bahwa ia berkata: Kami pernah bertanya kepada Al-Aqamah: Kalau Anda shalat di masjid, lalu kami belajar kepada Anda, tiba-tiba Anda ditanya, bagaimana? Aku tidak suka kalau disebut: Ini yang bernama Al-Aqamah. Orang-orang bertanya lagi: Bagaimana jika Anda berkesempatan mendatangi para penguasa? Beliau menjawab: Aku takut kalau mereka mencela diriku lebih banyak daripada koreksi yang kuberikan kepada mereka.

Sulaiman At-Taimi berkata: Al-Ahnaf berkata: Ada tiga prinsip yang hanya kukatakan kepada orang yang mau mengambil pelajaran: Aku hanya memasuki pintu penguasa bila dipanggil, aku hanya mencampuri urusan dua orang yang berselisih bila aku dilibatkan, dan aku hanya mengatakan tentang kebaikan kepada orang yang telah duduk bersamaku.

Abdurrazzaq berkata: Aku pernah mendengar An-Nu'man bin Zubeir Ash-Shan'ani menuturkan bahwa Muhammad bin Yusuf atau Ayyub bin Yahya pernah mengutus seseorang untuk menemui Thawus dengan membawakan tujuh ratus atau lima ratus dinar. Maka kepada utusan itu dipesankan: Kalau Syaikh (Thawus) mengambilnya, maka sang Amier akan berterimakasih kepadamu dan akan menghadiahimu pakaian. Maka utusan itu segera menyerahakannya kepada Thawus Al-Janad. Utusan itu menghendaki agar Thawus sudi menerimanya. Namun ternyata beliau menolak. Ketika Thawus lengah, si utusan memasukkan uang itu ke lubang angin di rumah beliau. Kemudian utusan pergi dan mengatakan kepada orang banyak: Dia telah mengambilnya. Suatu saat, mereka mendengar kabar yang tidak mengenakkan dari Thawus. Maka sang Amir berkata: Kirim utusan lagi kepadanya, dan katakan kepadanya supaya mengambalikkan uang yang diberikan kepadanya. Maka utusan itupun mendatangi beliau dan berkata: Mana uang yang dikirimkan oleh Amier kami kepadamu? Beliau menjawab: Aku tidak pernah menerima uang darinya sedikitpun. Utusan itupun pulang, dan merekapun mengetahui bahwa apa yang dikatakannya benar. Maka mereka lalu mengutus orang yang diutus kepada beliau pertama kali. Di mana uang yang pernah kuberikan kepadamu? Tanyanya. Apakah aku pernah mengambil sesuatu darimu? Beliau balik bertanya. Ia menjawab: Memang tidak. Kemudian lelaki itu melihat ke tempat di mana ia meletakkan uang itu. Ia julurkan tangannya. Ternyata ia dapati pundi uang itu telah diselubungi sarang laba-laba. Maka iapun membawanya kembali kepada mereka.

Dari Ma'mar bin Sulaiman, dari Furaat bin As-Saib, dari Maimun bin Mihran diriwayatkan bahwa ia berkata: Tiga hal yang jangan sampai menimpa dirimu: Jangan kalian mendekati penguasa, meskipun kamu bisa mengatakan: 'Aku akan mengaturnya dalam ketaatan kepada Allah. Janganlah kamu mendengarkan ucapan Ahli Bid'ah. Karena kamu tidak menyadari ucapannya yang akan menempel di hatimu. Dan janganlah kamu masuk ke tempat seorang perempuan, meski kamu beralasan: Saya akan mengajarkannya Kitabullah

Katsier bin Yahya meriwayatkan dari ayahnya, bahwa ia berkata: Sulaiman bin Abdul Malik datang ke kota Madinah ketika Umar bin Abdul Aziz bertugas di sana. Ia shalat Dzuhur berjamaah di masjid kemudian membuka pintu kamar di masjid itu dan bersandar ke mihrabnya sambil menghadapkan wajahnya ke arah orang banyak. Tiba-tiba ia melihat Shafwan bin Sulaim. Ia bertanya kepada Umar: Siapa lelaki itu? Aku tidak pernah melihat orang yang lebih berwibawa daripada dia. Beliau menjawab: Itu adalah Shafwan. Maka Sulaiman berkata kepada pelayannya: Tolong ambilkan sekantung uang limaratus dinar. Setelah uang itu diambilkan, beliau berkata kepada pelayannya: Tolong berikan uang ini kepada orang yang sedang shalat itu. Pelayan itu segera mendekati Shafwan yang kala itu sedang shalat. Setelah salam, ia menengok ke arah pelayan itu dan bertanya: Ada yang bisa saya bantu? Si pelayan menjawab: Amirul Mukminin mengatakan, engkau bisa menggunakan uang ini untuk keperluanmu sewaktu-waktu dan untuk kebutuhan keluargamu. Ia berkata: Bukan aku orang yang diperintahkan Sulaiman untuk diberikan uang itu. Pelayan itu menegaskan: Bukankah Anda yang bernama Shafwan bin Sulaim? Ia menjawab: Betul. Kalau begitu, aku memang disuruh memberikan uang ini kepadamu. Ia kembali berkata: Coba pulang dan konformasikan lagi. Lelaki itupun berlalu. Shafwan segera mengambil sandalnya dan keluar dari masjid. Semenjak itu, ia tidak pernah terlihat lagi sampai Sulaiman keluar dari kota Madinah.

Al-Hasan bin Rabie' berkata: Ketika Ibnul Mubarak menghadapi sakaratul maut dalam sebuah perjalanan, beliau berkata: Aku rindu memakan bubur gandum. Kamipun mencarikannya, namun kami tidak mendapatkannya, kecuali milik seorang lelaki yang bekerja untuk penguasa. Ia bersama kami dalam satu perahu. Kami memberitahukan hal itu kepada Abdullah. Beliau berkata: Tak usah diambil. Akhirnya beliau meninggal dan belum sempat mencicipinya.

Dari Ahmad bin Jamil Al-Marwazi diriwayatkan bahwa ia berkata: Ada orang yang bercerita kepada Abdullah bin Al-Mubarak: Sesungguhnya Ismail bin Ulayyah telah diberi tugas untuk mengurus sedekah. Maka Ibnul Mubarak menulis surat kepadanya:

Wahai orang yang menjadikan ilmu hanya sebangsa elang, untuk digunakan menguras harta orang miskin,
Kamu telah membuat makar untuk dunia dan segala kenikmatannya dengan mengorbankan ajaran dien.
Jadilah engkau sebagai lelaki gila, padahal sebelumnya engkau menjadi penyembuh bagi orang-orang gila,
Di mana lagi letaknya hadits-hadits yang engkau riwayatkan dari Ibnu Aun dan Ibnu Sirin untuk disampaikan tentang bahayanya mendekati pintu penguasa?

Kalau engkau beralasan: Aku hanya dipaksa, bukanlah demikian adanya, sang pemandu ilmu bila terjebak di lumpur, setelah membaca kitab, ia menangis dan meminta dibebastugaskan.

Dari Suhnun diriwayatkan bahwa ia berkata: Mencari makan masih mungkin meskipun terhina, namun tidak mungkin mencari makan dengan menjual ilmu. Orang yang gila dunia itu buta, karena ia tidak memperoleh cahaya ilmu. Alangkah jeleknya seorang alim yang mendatangi para penguasa. Demi Allah, setiap kali aku mendatangi penguasa, ketika keluar dari tempatnya, pasti aku memeriksa diriku sendiri, ternyata diriku terkontaminasi. Kalian saksikan sendiri bagaimana aku menentang kehendak penguasa itu dan konsekuensi buruk apa yang aku dapatkan sebagai akibatnya? Sungguh aku tidak pernah menerima apapun dari mereka dan aku tidak pernah sekalipun mengenakan pakaian pemberian mereka.

Al-Anbari berkata: Aku pernah mendengar Al-Busyanji, bahwa ia mendengar Abu Shalih Al-Farra' bahwa ia mendengar Yusuf bin Asbaath menyatakan: Sufyan pernah berkata kepadaku: Kalau engkau mendapatkan seorang qari' yang berlindung kepada penguasa, ketahuilah bahwa ia adalah pencuri. Dan bila engkau melihat dirinya berlindung kepada orang-orang kaya, ketahuilah bahwa ia adalah tukang pamer. Waspadalah agar kamu tidak terpedaya dengan propaganda mereka kepadamu: Bukankah engkau berniat dan mengenyahkan kezaliman dan menolong orang-orang yang di zalimi? Sesungguhnya itu adalah tipu daya Iblis yang digunakan para qari' sebagai jembatan menuju harapan mereka

No comments:

Post a Comment

Assalamualaikum.. Temen2 jangan lupa Komentar na ^_^