English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 28 April 2010

Menelusuri Jejak Makam Rasul-rasul Allah SWT

Tiap-tiap umat mempunyai rasul; maka apabila telah datang rasul mereka, diberikanlah keputusan antara mereka dengan adil dan mereka (sedikit pun) tidak dianiaya.” (QS Yunus 47)
Allah swt. menciptakan setiap umat rasul-rasul yang akan membimbing mereka untuk hidup sesuai dengan syariat Allah. Sejak nabi Adam hingga berakhirnya era kenabian setelah kedatangan nabi Muhammad Saw., telah banyak nabi dan rasul yang diutus yang jumlah pastinya hanya Allah Yang Maha Tahu. Al-Quran telah menerangkan dengan jelas bagaimana perjuangan mereka dalam membimbing umatnya. Sebagian ada yang tunduk dan patuh, sebagian lagi ada yang menentang dengan jelas. Berbagai jejak dan bukti yang telah ditemukan setidaknya dapat lebih meyakinkan kita, bahwa mereka memang pernah ada. Hal ini dapat dilihat dari ditemukannya berbagai makam nabi dan rasul di berbagai tempat, terutama di sekitar Jazirah Arab.
Palestina
Palestina, disebut sebagai tanah yang dijanjikan bagi kaum Bani Israil ini dapat disebut sebagai kampung para nabi dan rasul. Sebab di tempat ini dan dari golongan Bani Israil yang tinggal disinilah, nabi dan rasul banyak diutus oleh Allah swt. Palestina ini merupakan tempat di mana nabi Sulaiman memerintah dan mendirikan kiblat pertama bagi umat Islam, Masjidil Aqsa. Palestina juga merupakan tempat di mana nabi Musa menyelamatkan kaum Bani israil dari kejaran Firaun. Di wilayah Hebron, Tepi barat kita dapat menemukan makam nabi daud, nabi Ibrahim, nabi Musa, nabi Ishaq, nabi Luth, dan nabi Sulaiman yang banyak diziarahi oleh kaum muslimin, nasrani, dan yahudi.
Lebanon
Lebanon merupakan tempat di mana dikuburnya nabi Yusya. Beliau merupakan salah seorang dari pengikut nabi Musa dan nabi Harun untuk berdakwah kepada kaum Bani Israil. Sejak dimulainya perjuangan nabi Musa dalam menentang tirani Firaun hingga wafatnya nabi Musa di Hebron, Palestina, beliau tetap setia mendampingi nabi Musa. Setelah wafatnya nabi Musa, ia diangkat menjadi nabi bagi kaum Bani Israil dan memimpin mereka hingga wafat pada usia 110 tahun. Selain nabi Yusya, konon nabi Ayub juga dimakamkan di tempat ini.
Jordania
Empat makam nabi dapat ditemukan di Jordania. Mereka diantaranya nabi Harun, nabi Nuh, nabi Syuaib, dan nabi Yusya.
Mesir
Makam nabi Saleh dan nabi Yakub ditemukan di wilayah ini. Nabi Saleh adalah nabi yang diutus untuk kaum Tsamud yang bermukim di sekitar Hijaz dan Syam. Kaum Tsamud yang ingkar dan melanggar perintah Allah dengan membunuh unta milik nabi Saleh akhirnya diazab dengan hujan batu, gempa bumi, dan halilintar. Nabi Saleh yang pada waktu itu telah menyelamatkan diri di Ramlah, Palestina kemudian menetap di Mesir dan meninggal di sana. Kisah nabi Saleh diceritakan Al Quran dalam surat Al-A’raaf, Hud, dan Al Qamar. Sementara itu nabi Yakub yang juga wafat dan dimakamkan di Mesir meninggal saat anaknya, nabi Yusuf menjadi raja Mesir.
Iraq
Nabi Luth dan nabi Yunus di makamkan di tempat ini. Nabi Luth diutus untuk kaum Sodom yang sebelumnya menetap di sekitar Jordania. Namun karena mereka ingkar kepada Allah dengan melakukan hubungan sejenis (homoseksual), maka kaum ini diazab dengan gempa bumi, hujan batu, dan halilintar yang sangat dahsyat. Nabi Luth yang diperintahkan untuk hijrah menetap di Iraq hingga akhir hayatnya.
Syiria
Nabi Yahya dan nabi Zakaria dimakamkan di tempat ini. Menurut Al Quran, mereka merupakan nabi yang diutus pada kaum Bani Israil. Masa kenabian mereka berdekatan dengan diutusnya nabi Isa a.s. Pada masa ini beliau banyak berdakwah untuk memperbaiki umat yang telah banyak menyimpang dari kitab Taurat yang diwahyukan kepada nabi Musa. Namun nasib mereka berujung tragis, banyak umat mereka yang membangkang. Nabi Yahya dan nabi Zakaria akhirnya mati terbunuh oleh umatnya sendiri.
Srilanka
Di tempat ini, tidak terdapat makam (kuburan) nabi melainkan makam (jejak/tanda) nabi Adam. Setelah diturunkannya nabi Adam dan Hawa ke Bumi karena melanggar perintah Tuhan, mereka berpisah satu sama lain. Adam diturunkan di Safa dan Hawa diturunkan di Marwa. Mereka akhirnya bertemu kembali di Jabal Rahmah setelah 40 hari berpisah. Setelah bersatu kembali, konon Adam dan Hawa menetap di Srilanka. Di tempat ini ditemukan jejak kaki nabi Adam yang berukuran raksasa. Meskipun demikian, sampai saat ini belum ditemukan makam (kuburan) nabi Adam yang sesungguhnya.
Arab Saudi
Di sinilah, nabi terakhir dan paling mulia bagi umat Islam, nabi yang juga diutus bagi seluruh umat manusia, nabi Muhammad lahir, wafat, dan menyebarkan dakwah Islam. Nabi Muhammad Saw. lahir di Mekah pada tahun 571 M dan meninggal di Madinah pada tahun 632 M. Beliau dimakamkan di dalam kompleks mesjid Nabawi. Di kiri-kanan makam beliau terdapat makam sahabat lainnya, Abu Bakar As-Sidiq dan Umar bin Khattab. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang diziarahi oleh jemaah haji seluruh dunia.
Yaman
Disini ditemukan makam Nabi Hud beserta sisa-sisa azab Allah kepada umat yang mengingkari nabi Hud. Disinilah terdapat kota Iram, kota kuno tempat dimana kaum Ad yang ingkar kepada Allah dulunya berdiri megah. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Quran surat Al Fajr ayat 6-8. “Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat terhadap kaum Ad ? Yaitu penduduk Iram yang mempunyai bangunan-bangunan tinggi, yang belum pernah dibangun seperti itu sebelumnya di negeri-negeri lain.” Nabi Hud dimakamkan tidak jauh dari sana, di wadi Hadramaut.

Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Assalamualaikum.. Temen2 jangan lupa Komentar na ^_^

Alquran @ HamdaniSekumpul