Pages

Ads 468x60px

Kutub Utara Segera memiliki Mesjid Pertama di Inuvik

WINNIPEG--Upaya gigih badan amal Muslim Manitoba, Kutub Utara, membuahkan hasil. Dalam waktu dekat, sebuah masjid bakal berdiri di wilayah ini. Inilah masjid pertama yang bakal berdiri, setelah lebih dari seabad kehadiran islam di wilayah Inuvik, wilayah paling utara Kanada ini.
Adalah The Zubaidah Tallab Foundation yang dibentuk pada tahun 2007 yang mendorong upaya pendirian masjid yang nantinya akan bertempat di kota Thompson ini. Organisasi ini memang rajin menggalang dana untuk membangun rumah-rumah ibadah -- selama ini menempel pada gedung atau di rumah-rumah warga -- bagi 100 komunitas Muslim di Kutub Utara.
General Manager yayasan, Hussain Guisti, menyatakan organisasinya berhasil mengantongi dana 271 ribu dolar AS untuk pembangunan Masjid Inuvik ini. Bantuan terakhir datang dari masyarakat setempat yang menyatakan dukungan dan siap membantu pada Januari 2009.
Desain masjid ini nantinya akan dibuat dengan bentuk yang unik; didirikan di atas padang tundra dengan konstruksi mutakhir. Material akan diangkut dengan perahu tongkang menyusuri sungai Mackenzie.
Yayasan ini menyatakan masih memerlukan dana dalam jumlah lebih besar untuk penyelesaian masjid, namun Guisti yakin kumonitas Muslim akan bahu-membahu menyelesaikannya. Nantinya, masjid itu akan dikelola oleh komunitas Muslim setempat.
"Ini sangat penting bagi mereka," kata Guisti. "Mereka benar-benar membutuhkan sebuah masjid."
Selama ini, sebuah trailer dengan kontainer seluas 14 kaki persegi difungsikan sebagai masjid, namun makin lama makin tak bisa mengakomodasi seluruh jamaah. Nantinya, masjid baru selain difungsikan sebagai tempat ibadah juga bisa dimanfaatkan

No comments:

Post a Comment

Assalamualaikum.. Temen2 jangan lupa Komentar na ^_^