English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 11 Oktober 2010

Dokumentasi Syekh Arsyad Al-Banjari


Foto dari Dokumentasi Perpustakaan MEKKAH, tentang 4 orang
Waliyullah dan Ulama Besar Indonesia yang menuntut ilmu agama di MEKKAH
sedang membaca kitab, yaitu :
1. SYEKH ABDUSSAMAD AL-PALEMBANI (SUMATERA)
2. SYEKH MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARI (KALIMANTAN)
3. SYEKH ABDUL WAHAB BUGIS (SULAWESI)
4. SYEKH ABDURRAHMAN MASHRI (TANAH JAWA)


Kitab karya Syekh Muhammad Arsyad yang paling terkenal ialah Kitab Sabilal Muhtadin, atau selengkapnya adalah Kitab Sabilal Muhtadin lit-tafaqquh fi amriddin, yang artinya dalam terjemahan bebas adalah "Jalan bagi orang-orang yang mendapat petunjuk untuk mendalami urusan-urusan agama". Syekh Muhammad Arsyad telah menulis untuk keperluan pengajaran serta pendidikan, beberapa kitab serta risalah lainnya, diantaranya ialah:
  • Kitab Ushuluddin yang biasa disebut Kitab Sifat Duapuluh,
  • Kitab Tuhfatur Raghibin, yaitu kitab yang membahas soal-soal itikad serta perbuatan yang sesat,
  • Kitab Nuqtatul Ajlan, yaitu kitab tentang wanita serta tertib suami-isteri,
  • Kitabul Fara-idl, semacam hukum-perdata.
Dari beberapa risalahnya dan beberapa pelajaran penting yang langsung diajarkannya, oleh murid-muridnya kemudian dihimpun dan menjadi semacam Kitab Hukum Syarat, yaitu tentang syarat syahadat, sembahyang, bersuci, puasa dan yang berhubungan dengan itu, dan untuk mana biasa disebut Kitab Parukunan. Sedangkan mengenai bidang Tasawuf, ia juga menuliskan pikiran-pikirannya dalam Kitab Kanzul-Makrifah.

Reactions:

10 comments:

kebenaran fotox berapa persen????

Info didapatkan dari sumber yg terpecaya.. admin ga bs mengukur kebenarannya.. karena itu hal yg sakral :)

Saya yaqin, bahwa keterangan nama-nama Syech di atas,aslinya dari berbahasa Arab. Dan bahasa Arab itu, mulainya nulis dari kanan ke kiri. Sehingga, memang benar Syech Arsyad itu pada urutan no. dua, tapi No.02 DARI KANAN.
Coba Bandingkan dengan foto2/lukisan Syech Arsyad al-Banjari di sumber lain, misalnya di : http://asramabanjar.wordpress.com/2010/05/19/syekh-muhammad-arsyad-al-banjari-dalam-konteks-kajian-alquran-nusantara/
Yang paling mirip adalah yang no.02 DARI KANAN, atau no.03 DARI KIRI, khan?
Dan, agaknya, yg lebih tepat judulnya : 4 Serangkai Ulama Nusantara.(bukan Tanah Jawi saja)

واعجباه....صورة قديمة و ثمينة جدا جدا
Cuma memang benar sih comen ardy, di atas...
Ana rasa Syekh arsyad banjari kedua dari kanan.
Bila Syekh Abdus Somad al-Falimbani pertama dari kanan, juga agak masuk akal.
Sepintas, wajahnya terlihat chines face, di palembang kan banyak keturunan china ya sepertinya...
Atau ada data pembanding lain, kah...??

The least, tetep aja salut buat yang upload foto-foto ulama nusantara yang langka seperti ini...

nuhun pisan, euy...
jazakallah Khoiron..

saya sependapat dengan sdr. Ardy's bahwa keempat Serangkai itu Bukan hanya dari Tanah Jawi seperti :SYEKH ABDUSSAMAD AL-PALEMBANI (SUMATERA)tepatnya berasal dari Palembang sebagian masyarakat palembang mengatakan Nama Palembang identik dengan Nama Palembani

bagaimanapun juga, foto itu menjadi harta yang tak ternilai, terlepas dari urutan orang2nya,,

Assalamualaikum,...ampun maaf lah numpang komentar,..menurut ulun nang awam ini, terlepas dari foto itu banar ato kada, kada jd soal. tapi nang jelas 4 serangkai itu emang bujur ada dan ke 4 nya adanya waliyullah...terutama 2 (orang waliyullah) yaitu Syekh Abdulsamad Al-Falimbani biasa disebut Datuk Sanggul, dan makam beliau berda di desa Tatakan, Rantau Kalimantan Selatan, sdgkan Maulana Syekh Muhamad Arsyad Al-Banjari atau biasa disebut Datuk Kalampayan, makam beliau berada di Astambul Martapura. sedangkan nang kedua lainnya ulun kurang tau persisi sejarah beliau, amun memnag bujur beliau juga seorang waliyullah. demikian dahului sahabatku, Wassalam.

Terkait soal jawi atau bukan jawi, setahu saya mohon maaf bila salah, memang ulama.ulama nusantara di tanah arab lebih akrab dengan sematan al.jawi.

semua yang teman - teman katakan benar adanya tergantung keyakinan kita masing masig semoga kita semua mendapatkan berkah dari semua guru, amin................

Poskan Komentar

Assalamualaikum.. Temen2 jangan lupa Komentar na ^_^

Alquran @ HamdaniSekumpul