English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 28 Januari 2012

Tips Makanan Sehat Mengatasi Diabetes

Ada beberapa point penting untuk mengatasi diabetes atau sering di sebut juga penyakit gula darah. Karena penyembuhan diabetes tidak cukup dengan meminum obat saja, tetapi segala asupan atau makanan harus selalu di perhatikan. Jika salah maka penyakit diabetes akan semakin parah.Berikut adalah point-point penting untuk mengatasi Diabetes:
 mengatasi diabetes
Pola makan
Asupan makanan bagi penderita diabetes sangatlah penting untuk mengatasi diabetes. Dan maknan-maknan yang boleh di konsumsi oleh penderita diabetes, seperti
  • Apel
    Dalam sebuah riset di Finlandia, orang yang makan Apel dan makanan lain yang mengandung kuersetin akan menurunkan resiko terkena diabetes dan penyakit jantung sebesar 20 persen. Sumber dari kuersetin selain apel adalah bawang, tomat, sayuran berwarna hijau dan buah berry.
  • Kayu manis
    Jika Anda menggunakan kayu manis ½ sendok teh setiap harinya, menurut penelitian dari Human Nutrition Research Center di Beltsville, Maryland, dapat membuat sel-sel lebih sensitive terhadap insulin. Setelah 40 hari mengkonsumsi ektrak kayu manis, para penderita diabetes bukan hanya menurun kadar gula setelah makan, namun juga kondisi jantungnya membaik.
  • Jeruk
    Penelitian menemukan bahwa penderita diabetes biasanya mengalami kekurangan vitamin C. Untuk itu, jeruk adalah makanan ringan yang paling tepat untuk penderita diabetes. Sekalipun vitamin C bisa dengan mudah di dapat melalui suplemen, namun dengan mengkonsumsi jeruk Anda akan mendapatkan serat tambahan dan nutrisi yang menyehatkan lainnya.
  • Ikan air dingin
    Diet minyak omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon liar asal Alaska, atau sarden dan makarel dari laut Atlantik akan menurunkan kadar kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah serta memberi Anda trigliserida yang meningkatkan HDL (kolesterol baik).
  • Makanan kaya serat
    Universitas Texas Southwestern Medical Center menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi serat 24-50 gram sehari, kadar gula dalam darahnya mengalami perbaikan secara dramatis. Bahkan menurut mereka, diet makanan kaya serat sama efektifnya dengan obat diabetes.
    Makanan yang direkomendasikan karena mengandung serat tinggi adalah campuran buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, beras merah, pasta gandum, sereal dan roti.
  • Kacang-kacangan
    Semua jenis kacang-kacangan dalam berbagai jenis masakan seperti sub, salad, dan makanan tradisional lainnya sangat baik bagi kesehatan Anda. Kacang-kacangan, seperti kacang hijau, kacang merang maupun kacang almond mengandung kalori tinggi, serat tinggi namun rendah lemak sehingga membantu mengurangi risiko bagi penderita diabetes dan jantung.
  • Teh hijau
    Penelitian menemukan bahwa peradangan kronis dapat dialami seseorang yang makan makanan berlemak, kurang olahraga, makan terlalu sedikit buah, sayuran dan lemak baik dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan kemampuan darah menyerap gula darah. Solusinya sederhana, minum teh hijau, jeruk dan cranberry. Ketiganya di penuhi flavonoid – zat untuk melawan peradangan. Minumlah salah satu dari tiga minuman diatas, satu cangkir sehari.
  • Bayam, Kale dan Collard Green
    Semua sayuran hijau merupakan sumber dari lutein, suatu karotenoid yang baik untuk mata. Hal ini sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes dimana masalah mata adalah salah satu komplikasi penyakitnya.
  • Coklat
    Peneliti dari Universitas Tufts menyatakan bahwa coklat hitam dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Cokelat hitam juga terbukti menurunkan tekanan darah dan mengurangi LDL (kolesterol jahat), memperbaiki fungsi pembuluh darah. Untuk makanan yang satu ini, para peneliti mengingatkan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan karena cokelat selalu terbungkus kalori dalam jumlah besar dan lemak yang tinggi.
  • Steak
    Untuk Anda pencinta daging sapi, ini adalah kabar baik. Daging sapi memberikan Anda protein, zat besi dan vitamin B yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Senyawa yang terkandung dalam sapi ini bernama asam linoleat kojugasi (conjugated linoleic acid – CLA). CLA bekerja memperbaiki metobolisme gula darah yang terganggu dan juga memiliki sifat anti kanker.
  • Cuka
    Dua sendok makan setiap hari akan menurunkan kadar gula darah para penderita diabetes sebesar 25 persen. Bahkan bagi mereka yang masih pradiebetes, kadar gulanya dapat turun hingga lima puluh persen. Kabarnya, cuka dapat membantu para penderita penyakit jantung juga loh.
Pola hidup
  • Menurunkan berat badan. Lemak dalam tubuh dapat menyerap insulin.
  • Hindari makanan berlemak, diawetkan atau goreng-gorengan. Sebaliknya, pilih makanan yang berserat tinggi dan glukosa kompleks.
  • Kurangi makanan manis atau yang berkalori tinggi yang mengandung banyak glukosa.
  • Minum banyak air.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Hindari stres.
  • Hindari alkohol atau softdrink.
  • Hindari merokok. Penderita diabetes yang merokok bahkan lebih berisiko, karena kebiasaan mereka merusak jantung serta sistem sirkulasi, dan mempersempit pembuluh darah. Sebuah referensi menyatakan bahwa 95 persen amputasi yang berkaitan dengan diabetes dilakukan pada para perokok.
  • Minum obat yang dianjurkan dokter untuk menurunkan kadar gula.
  • Bagi penderita diabetes tipe 1, pemberian insulin secara teratur perlu diberikan melalui terapi insulin.

Anjuran memadukan pengobatan dokter dengan obat alami mungkin sangat baik. Pengobatan alami diabetes untuk mengatasi diabetes lebih efektif dengan Jelly Gamta Gold-G. Jelly gamat terbuat dari teripang (sejenis hewan laut), yang kaya akan kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan.


Reactions:

1 comments:

thanks informasinya.jadi nambah pengetahuan nih.sip.. sip.. sip..

Poskan Komentar

Assalamualaikum.. Temen2 jangan lupa Komentar na ^_^

Alquran @ HamdaniSekumpul