English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 22 Mei 2012

Kaligrafi Terpanjang 720 Meter


Semarang Kaligrafi hasil karya murid SMK 2 Semarang memecahkan rekor Muri Kaligrafi terpanjang, 720 meter dan terbuat dari pelepah pisang. Ayat Alquran yang tercantum dalam kaligrafi tersebut adalah surat Al-Baqarah ayat 1-286.

"Kami memilih surat tersebut karena merupakan surat dengan ayat terpanjang dan mengangkat soal lingkungan hidup," kata kepala Sekolah SMK 2 Semarang, Suprianto, di SMK 2 Semarang, Jalan Dr Cipto, Semarang, Sabtu (12/5/2012).

"Kami memanfaatkan pelepah pisang karena selama ini kami melihatnya berserakan di belakang sekolahan tanpa manfaat," imbuhnya.

Tidak hanya pelepah pisang, Kaligrafi yang dibuat oleh seluruh murid kelas X dan sebagian kelas XI tersebut juga memanfaatkan kulit bawang sebagai background kaligrafi.

"Kaligrafi dibuat oleh 720 murid di mana masing-masing murid membuat satu potong ayat sepanjang satu meter," ungkap Kepsek.

Kaligrafi-kaligrafi yang berupa potongan surat Al-Baqarah tersebut ditata di depan koridor kelas, lapangan, bahkan beberapa ada yang ditumpuk agar menghemat tempat.

Sementara itu Maryati, guru agama sekaligus pencetus pemecahan rekor tersebut mengatakan, dalam proses pembuatannya, para murid diawasi oleh guru agama dan bahkan sempat dikoreksi oleh Departemen Agama.

"Karena ini ayat suci Alquran, kami tidak bisa main-main," katanya.

Membutuhkan waktu kurang lebih dua bulan dari perencanaan dan pembuatan kaligrafi terpanjang itu. Waktu yang paling lama dibutuhkan adalah untuk menempelkan pelepah pisang.

"Susah nempel pelepahnya, menggunting bentuk pelepahnya, terus nyiapin triplek dan lem kanji. Butuh seminggu lebih. Belum lagi kita harus mengeringkan pelepahnya selama dua sampai tiga hari," kata murid kelas X jurusan Akuntansi, Risky Nur Setiami.

"Kami juga diharuskan mengulang kalau ada tulisan arab yang salah," imbuh Risky.

Kepsek juga mengatakan bahwa kegiatan pemecahan rekor tersebut bertujuan untuk membekali para siswanya dengan keahlian membuat kaligrafi yang bisa dimanfaatkan jika sudah lulus dari sekolah. Sementara itu rencananya kaligrafi akan dijual ke masyarakat yang berminat.

"Seperti yang telah kita lakukan pada tahun 2009 saat memecahkan rekor lukisan terbanyak, 1.040 lukisan dari pelepah pisang. Kami menjualnya dan Alhamdulillah laku," pungkas Kepsek. Sumber

Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Assalamualaikum.. Temen2 jangan lupa Komentar na ^_^

Alquran @ HamdaniSekumpul