English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 13 Juni 2012

Gramedia Bakar Ratusan Buku '5 Kota Paling Berpengaruh di Dunia' Karena dianggap telah menghina Nabi Muhammad SAW

Gramedia Bakar Ratusan Buku '5 Kota Paling Berpengaruh di Dunia'
 
http://images.detik.com/content/2012/06/13/10/bakar-buku.jpg

Buku '5 Kota Paling Berpengaruh di Dunia' dianggap telah menghina Nabi Muhammad SAW. PT Gramedia Pustaka Utama selaku penerbit telah menyampaikan permintaan maaf dan menarik buku itu dari peredaran. Kini ratusan buku tersebut dibakar oleh penerbit tersebut.

Pembakaran buku dilakukan di halaman Bentara Budaya, Kompleks Gramedia Pustaka Utama, Palmerah, Jakarta, Rabu (13/6/2012) pukul 14.10 WIB.

Buku itu dibawa dengan menggunakan kardus, ditaruh dalam 3 tong, kemudian disiram bensin. Sesaat kemudian, korek api dinyalakan. Wuss! Api seketika menjilat-jilat lembaran buku karya Douglas Wilson yang telah dialihbahasakan tersebut.

Pembakaran buku itu disaksikan oleh Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin dan 3 pengurus MUI lainnya. Hadir pula Dirut Gramedia Pustaka Utama, Wandi S Brata.

Unsur lalai memang diakui Gramedia Pustaka Utama setelah ada surat pembaca di Republika yang ditulis salah satu warga Muhammadiyah pada Jumat 8 Juni lalu. Kemudian pada 9 Juni 2012, muncul perintah tarik buku tersebut oleh Gramedia Pustaka Utama.

Namun pada 10 Juni masih ada buku yang belum ditarik di toko Gunung Agung di Arion Plaza. Berdasarkan ini salah satu anggota Front Pembela Islam (FPI) yang mengatasnamakan sebagai warga biasa ke Polda Metro Jaya. Menurutnya si pengarang menuliskan kata-kata yang menjurus ke penghinaan terhadap Nabi Muhammad. Buku tersebut disadur ke dalam bahasa Indonesia oleh penerbit.

Pada Selasa (12/6) kemarin ada pertemuan Dirut Gramedia Pustaka Utama dengan MUI. Pemusnahan buku ini adalah salah satu hasil pertemuan tersebut.

sumber

Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Assalamualaikum.. Temen2 jangan lupa Komentar na ^_^

Alquran @ HamdaniSekumpul