English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 24 November 2012

Bacaan di Hari Asyura 10 Muharram ( Hasbunallah wa ni’mal wakil, ni’mal maula wa ni’man nashir )



Hasbunallah wa ni’mal wakil, ni’mal maula wa ni’man nashir


 “(Yaitu) orang-orang (yang menta’ati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan:”Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka”, maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: “HasbunalLâh Wani’mal-Wakîl”, Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”. (QS. 3:173)

“Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwasanya Allah Pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong [Ni'mal-Mawla Wani'man-Nashîr]“. (QS. 8:40)

“Dan berjihadlah kamu di jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (al-Qur’an) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atau segenap manusia, maka dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong [Fa "Ni'mal-Mawla Wani'man-Nashîr"]“. (QS. 22:78)

Jadi, kalimat-kalimat dzikir tsb, diambil dari nash-nash al-Quran. Menurut sebagian Ulama’ kalimat-kalimat tsb. adalah bagian dari Asmaul-Husna, yang baik untuk disebut-sebut dalam dzikir, sesuai dengan maksud yang diinginkan. Apabila seseorang menginginkan ampunan dari Allah, maka ia mengucapkan “Yâ Ghafûr” [Wahai Dzat Maha Pengampun], bila ingin mendapat kelapangan rizqi, maka mengucapkan “Yâ Razzâq” [Wahai Dzat Pemberi rizqi]. Begitu pula di sini, jika ingin mendapatkan perlindungan, mengucapkan HasbunalLlah-u Wani’mal-Wakîl, Ni’mal-Mawlâ Wani’man-Nashîr”. Arti dzkir ini adalah: Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung, Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong”.



“Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”
Jika ada dalam kesulitan atau ketakutan, hanya dengan mengingat kalimat ini, insyaallah akan senantiasa dapat menyejukkan hati. Disana ada Dia , yang tak pernah lelah menolongku, merangkulku dalam dekapan-Nya, memberikanku apa yang kubutuhkan, dan menjadikanku sebaik-baik makhluk.

Allah menciptakanku dengan sejuta kesempurnaan, iyaa , kesempurnaan. Namun banyak hal yang belum mampu ku syukuri dengan sungguh. Bahkan sering aku merasa bahwa Allah hanya senang mengujiku melalui berbagai masalah yang tiada berujung seperti lingkaran. Selalu berputar seperti roda. Tidak ada titik pencapaian pasti akan hal tersebut. Kadang , aku pun dengan gembira hati mencaci-maki keadaan , menyalahkannya dengan segala cara. Membuat seolah apa yang di takdirkan oleh Allah menjadikan hidupku sedikit tidak bernilai guna.

Aku melupakan hal paling esensial, bahwa Allah akan selalu ada membimbing kita, jangankan sedetik , sepersekian detik pun Allah tak pernah melepaskan genggaman tangannya padaku. Masih mampukah aku berpaling dan berkata bahwa Allah hanya memberiku masalah tanpa solusi? Tidak Winda, Allah tak akan pernah membiarkanmu berjalan seorang diri menghadapi masalah, Allah hanya ingin mendewasakanmu dengan cara “berbeda”. Hanya kadang, kamulah yang tak pernah mampu untuk “melihat” apa yang sudah disediakan-Nya.

Cukup kamu menjadikan Allah sebagai muara atas semua suara hatimu, atas berbagai macam bentuk rasa syukurmu, juga akan segala keluh kesahmu. Cukuplah Allah yang aku jadikan tempat perlindungan dan tempat meminta ketentraman jiwa. Karena Allah lah yang mampu mengangkatmu keluar dari masalah-masalah yang sedang ku hadapi. Karena Allah selalu ada, disini, iyaa , hidup disini , di relung hati yang kasihnya masih belum tergores luka. Disanalah Dia, menunggumu agar menemukan-Nya dalam keabadian yang dinamakan Surga.

Reactions:

1 comments:

assalamualaikum, apakah itu ayat di surah Ali Imran 3:173 ? :)

Poskan Komentar

Assalamualaikum.. Temen2 jangan lupa Komentar na ^_^

Alquran @ HamdaniSekumpul