Pages

Ads 468x60px

Abdullah Bin Jahsy Memohon Agar Telinga dan Hidungnya Putus

Ath-Thabrani meriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqash radhiallahu ‘anhu, bahwasanya Abdullah bin Jahsy radhiallahu ‘anhu pada perang Uhud berkata, "Mengapa kamu tidak berdoa kepada Allah?" Kemudian ia pergi ke suatu pojok. Ia memanggil Sa’ad lalu Sa’ad pun berdoa, "Ya Rabbi, Sekiranya aku dipertemukan dengan musuh, maka pertemukanlah aku dengan musuh yang berpostur besar, pemberani dan penuh emosi, aku akan memerangi dia sebagaimana dia memerangiku. Kemudian Ya Rabbi, berilah aku kemenangan dengan mampu membunuhnya lalu aku mengambil rampasannya." 

Abdullah bin Jahsy mengamini lalu dia pun memanjatkan doa, "Ya Allah, pertemukanlah aku dengan musuh yang kuat dan pemberani sehingga aku akan membunuhnya di jalanMu dan dia juga memberikan perlawanan kepadaku, kemudian ia berhasil menguasaiku dengan menebas hidung dan telingaku. Sehingga kelak, ketika aku datang menghadapMu, Engkau akan bertanya kepadaku, 'Siapa yang menebas hidung dan telingamu ini?' Maka ketika itu aku akan menjawab, 'Semua ini aku lakukan di jalan-Mu dan karena rasulMu semata.' Dan Engkau akan membenarkan ucapanku." 

Sa’ad berkata, "Wahai anakku, Doa Abdullah bin Jahsy lebih bagus daripada doaku. Pada siang hari peperangan itu, aku benar-benar melihatnya terbunuh sementara hidung dan telinganya tergantung pada seutas tali." (Al-Haitsami berkata, 9/303, "Perawinya adalah perawi yang shahih.")

No comments:

Post a Comment

Assalamualaikum.. Temen2 jangan lupa Komentar na ^_^