SEJARAH BANGSA ARAB
SEBELUM ISLAM
Haruslah kita ketahui walaupun agak sedikit
keadaan bangsa Arab sebelum datang agama Islam, karena bangsa Arablah
bangsa yang mula-mula menerima agama Islam.
Sebelum datang agama Islam, mereka telah mempunyai
berbagai macam agama, adat istiadat, akhlak dan peraturan-peraturan
hidup. Agama baru ini pun datang membawa akhlak, hukum-hukum dan
peraturan-peraturan hidup.
Jadinya agama baru ini datang kepada bangsa yang
bukan bangsa baru. Maka bertemulah agama Islam dengan agama-agama
jahiliah, peraturan-peraturan Islam dengan peraturan-peraturan bangsa
Arab sebelum Islam. Kemudian terjadilah pertarungan yang banyak memakan
waktu. Pertarungan-pertarungan ini baru dapat kita dalami, kalau pada
kita telah ada pengetahuan dan pengalaman sekedarnya, tentang kehidupan
bangsa Arab, sebelum datangnya agama Islam.
Cara semacam ini perlu juga kita pakai, bilamana
kita hendak memperkatakan masuknya agama Islam ke Indonesia, Mesir atau
Siria. Kita harus mengetahui sekedarnya keadaan negeri-negeri ini
sebelum datangnya agama Islam, karena pengetahuan kita tentanghal itu
akan menolong kita untuk mengenal dengan jelas, betapa caranya
masing-masing negeri ini menyambut kedatangan agama Islam.
Bagsa Arab seperti yang akan kita terangkan nanti, terbagi atas dua bahagian, yaitu: penduduk gurun pasir dan penduduk negeri.
Sejarah bangsa Arab penduduk gurun pasir hampir
tidak dikenal orang. Yang dapat kita ketahui dari sejarah mereka hanyalh
yang dimulai dari kira-kira lima puluh tahun sebelum Islam. Adapun yang
sebelum itu tidaklah dapat diketahui. Yang demikian disebabkan karena
bangsa Arab penduduk padang pasiritu terdiri atas berbagai macam suku
bangsa yang selalu berperang-perangan. Peperangan-peperangan itu pada
asal mulanya ditimbulkan oleh keinginan memelihara hidup, karena hanya
siapa yang kuat sajalah yang berhak memiliki tempat-tempat yang berair
dan padang-padang rumput tempat menggembalakan binatang ternak. Adapun
si lemah, dia hanya berhak mati atau jadi budak.
Peperangan-peperangan itu menghabiskan waktu dan
tenaga; karena itu mereka tidak mempunyai waktu dan kesempatan lagi
untuk memikirkan kebudayaan. Dan bilamana di antara mereka dapat
bekerja, mencipta dan menegakkan suatu kebudayaan, datanglah orang lain
memerangi dan meruntuhkannya.
Dan lagi, mereka buta huruf. Oleh karena itu sejarah dan kehidupan mereka tiadalah dituliskan.
Jadi, tidak ada bengunan-bangunan yang dapat
melukiskan sejarah mereka; dan tidak ada pula tulisan-tulisan yang dapat
menjelaskan sejarah itu. Adapun yang sampai kepada kita tentang
orang-orang jaman dahulu itu, adalah yang diceritakan oleh kitab-kitab
suci. Sejarah mereka, muali dari masa seratus lima puluh tahun sebelum
Islam, dapat kita ketahui dengan perantaraan syair-syair atau
cerita-cerita yang diterima dari perawi-perawi.
Adapun sejarah bangsa Arab penduduk negeri, Adalah
lebih jelas. Negeri-negeri mereka ialah: Jazirah Arab bahagian selatan,
kerajaan Hirah dan Ghassan, dan beberapa kota ditanah Hejaz.
ILMU BUMI JAZIRAH ARAB
Jazirarah dalam bahasa Arab berarti pulau, jadi "Jazirah Arab" berarti "Pulau Arab".
Oleh bangsa Arab tanah air mereka disebut jazirah,
kendati pun hanya dari tiga dari tiga jurusan saja dibatasi oleh laut.
Yang demikian itu adalah secara majas (tidak sebenarnya).
Sebagian ahli sejarah menamai tanah Arab itu "Shibhul jazirah" yang dalam bahasa Indonesia berarti "Semenanjung".
Kalau diperhatikan kelihatanlah bahwa Jazirah Arab itu berbentuk empat persegi panjang, yang sisi-sisinya tiada sejajar.
Di sebelah barat berbatasan dengan Laut Merah,
disebelah selatan dengan Lautan Hindia, di sebelah timur dengan Teluk
Arab (dahulu namanya Teluk Persia) dan di sebelah utara dengan Gurun
Irak dan Gurun Syam (Gurun Siria). Panjangnya 1000 Km lebih, dan
lebarnya kira-kira 1000 Km.
Bila salah seorang dari warganya, atau dari
pengikut-pengikutnya dianiaya orang atau dilanggar haknya, maka menjadi
kewajiban atas kabilah atau suku itu menuntut bela.
Oleh karena itu, maka acap kalilah terjadi
peperangan-peperangan antara suku dengan suku yang lain.
Peperangan-peperangan ini kadang-kadang berterusan sampai beberapa
turunan (Ajjamul Arab fil Djahiliah oleh al ustadz Djada’l Maula cs).
Untuk memuliakan dan menghormati Ka’bah yang
didatangi oleh bangsa Arab dari segenap penjuru guna mengerjakan haji
dan umrah, maka dilaranglah berperang atau melancarkan
penyerangan-penyerangan pada beberapa bulan dalam setahun, yaitu pada
bulan Zulqaidah, Zulhijjah, Muharram (pada bulan-bulan tersebut mereka
mengerjakan haji) dan Rajab (dibulan ini mereka mengerjakan umrah).
Akan tetapi kadang-kadang amat berat oleh penduduk
padang pasir menghentikan peperangandalam masa tigabulan berturut-turut,
oleh karena itu kadang-kadang bulan Muharram itu mereka tukar dengan
Safar, maka mereka bolehkanlah berperang dibulan Muharram dan mereka
larang dibulan Safar; tindakan ini mereka namai "an nasi" (pengunduran).
Orang Arab penduduk padang pasir pemberani-pemberani.
Berani berarti suatu sifat yang amat menonjol pada mereka. Keberanian
ini ditimbulkan oleh keadaan mereka yang sebagai dituturkan oleh Ibnu
Khaldun (Al Muqaddimah, 125).
"Mereka selamanya harus membawa senjata. Dan sering
sendirian di pesawangan atau di padang pasir. Tak ada yang akan
melindungi di waktu itu, hanyalah keberanian mereka sendiri".
Oleh karena penghidupan di padang pasir serba sulit,
tidak sebagai di negeri-negeri, maka bangsa Arab penduduk padang pasir
selalu menggangu dan menyerang penduduk negeri. Sebab itu penduduk
padang pasir dipandang sebagai orang-orang biadab yang tidak dapat
ditaklukkan atau dikuasai oleh penduduk negeri (Al Muqaddimah: 121).
Sifat-sifat padang pasir dan penduduknya sebagai
disebutkan diatas, menyebabkan keadaan bagian tengah - yakni bagian
dalam dari Jazirah Arab itu – tidak dikenal oleh kaum pelancong dan
penulis-penulis. Diwaktu agama Islam datang dan telah tersiar di segenap
penjuru Jazirah Arab, mulailah penduduk padang pasir berdatangan ke
kota-kota; maka diceritakan merekalah peri-kehidupan di padang pasir
itu.
Ciri-ciri padang pasir sebagai disebutkan di atas, menyebabkan penduduk padang pasir itu terhindar dari penjajahan.
Bangsa Badui telah pernah memegang peranan penting
dalam melancarkan perniagaan dunia, yaitu sebelum Terusan Suez digali.
Laut Merah di waktu itu belum dipakai untuk pelayaran, karena banyak
berpulau-pulau. Maka kaum Badui penduduk gurun itulah yang bekerja
memperhubungkan perniagaan antara benua Asia dan benua Eropa dengan
melalui Jazirah Arab. Lin-lin perniagaan telah mereka atur dengan rapih
dan seksama.
Sistem pemerintahan pada bangsa Badui itu ialah
sistem bersuku-suku. Msing-masing suku memilih seorang kepala yang akan
mereka ikuti. Yang dipilih menjadi kepala suatu suku ialah orang yang
mempunyai sifat-sifat yang amat dimuliakan oleh bangsa Arab, yaitu:
pemberani, pemurah, dan penyantun.
Akan tetapi kepala itu tidaklah selamanya ditaati
mereka, karena telah menjadi sifat juga bagi kaum Bdui, suka bebasdan
merdeka dalam arti kata yang luas.
Seorang Badui acapkali memberontak terhadap suatu
keputusan yang dikeluarkan oleh seorang kepala terhadpanya. Maka
ditinggalkannyalah kabilahnya, lalu melarikan diri, agar dia tetap dalam
kemerdekaannya. Dalam keadaan yang semacam itu, kabilahnya tidaklah
kuasa berbuat sesuatu untuk menundukannya.
NEGERI-NEGERI
YAMAN
Negeri Yaman adalah temapt tumbuh kebudayaan yang paling penting yang pernah tumbuh di Jazirah Arab sebelum Agama Islam datang.
Perkataan Yaman berasal dari kata "Yumn" yang berarti "berkata" (Yaqut : Mujamul Buldan pada kata "Yaman". Lihat Pula Encij of Islam artikel "Yaman") Dinamai demikian, karena di negeri ini banyak berkat dan kebaikan.
Negeri Yaman Makmur karena tanahnya subur. Hujan pun
banyak turun di sana. Anak negerinya membuat waduk-waduk dan
bendungan-bendungan air. Anak negerinya membuat waduk-waduk dan
bendungan-bendungan air, agar dengan adanya waduk-waduk dan
bendungan-bendungan air itu, air hujan dapat dipergunakan denganbaik ;
dan juga kota-kota dan kampung-kampung serta tanaman mereka tiada
dilanda air bah di musim hujan. Penduduk Yaman pun pernah memegang
peranan besar dalam melancarkan perniagaan antara Timur dan Barat.
Sebaliknya, faktor-faktor yang disebutkan itu
pulalah yang menyebabkan nasab mereka tidak murni lagi; bahasa mereka
menjadi rusak, karena banyaknya kaum-kaum saudagar dari India, Sumatra,
Tiongkok, Mesir dan Siria berdatangan ke negeri mereka tiada luput dari
penjajahan, yang dilancarkan oleh negara-negara tetangga yang lebih kuat
dan yang mempunyai ambisi untuk menjajah.
Karena adanya kestabilan dan kehidupan yang makmur,
maka telah pernah lahir di Yaman raja-raja yang mempunyai mahkota dan
istana yang besar-besar. Bila lahir seorang raja yang kuat, tunduklah
seluruh negeri Yaman kepadanya. Ia dipatuhi oleh raja-raja kecil dan
oleh kepala-kepala daerah diseluruh daerah Yaman, bahkan Hadramaut pun
tunduk kepadanya.
Akan tetapi di masa lemahnya, negeri Yaman terbagi atas daerah-daerah yang acapkali berperang-perangan dan bermusuh-musuhan.
Diantara kerajaan-kerajaan penting yang telah pernah berdiri di Yaman ialah :Kerajaan Ma’in,Qutban, Saba’ dan Himyar.
Kerajaan Ma’in berdiri kira-kira tahun 1200 sebelum
Masehi, dan Kerajaan Qutban berdiri kira-kira tahun 1000 sebelum Masehi.
Kerajaan Qutban inilah yang jadi pengawa Selat Bab el Mandeb. Akan
tetapi hal-hal yang mengenai kerajaan ini amat sedikit yang dikenal.
Akhirnya kedua-duanya roboh, dan diatas puing kerobohannya berdirilah kerajaan Saba’.
KERAJAAN SABA’
Kerajaan Saba’ mulai berdiri tahun 950 S.M. mula
berdirinya merupakan satu kerajaan kecil saja; kemudian bertambah besar
dan luas, sementara itu kerajaan Ma’in dan Qutban semakin kecil dan
lemah, akhirnya roboh dan dipusakai oleh kerajaan Saba’; sebagaimana
Handruamaut pun digabungkan kepada Kerajaan Saba’ ini. Kerajaan Saba’
berdiri tahun 115 S.M.
Kemasyuran Kerajaan Saba’ berpokok pangkal pada dua sebab :
- Ratunya yang terkenal bernama Ratu Bulqis. Ceritera tentang Ratu Bulqis ini Nabi Sulaiman dan burung hud hud tersebut tersebut di dalam al Quran (suratan Naml 20-44, dan lihat pula at Thabari I:345 – 350).
- Bendungan Ma’Rib, yaitu satu bendungan yang terkenal dalam sejarah. Bendunganini dibangun oleh arsitek-arsitek Yaman yang ahli dalam ilmu bangunan. Bendungan ini merupakan sebuah dam raksasa yang dapat membendung air di antara dua buah gunung. Air itu dapat dipergunakan di waktu-waktu perlu. Dengan adanya bendungan ini maka kampung-kampung, kebun-kebun dan tanam-tanaman yang berada di tanah-tanah rendah dapat dipelihara dari bahaya banjir yang kerapkali terjadi di musim-musim hujan.
Dam raksasa semacam ini tentu saja harus diawai,
dipelihara dan diperbaiki. Akan tetapi karena kerajaan Saba’ ini
mengalami kelemahan pada saatnya yang akhir, maka tiadalah mereka mampu
lagi memelihara dan memperbaikinya. Akhirnya dam raksasa ini jadi rusak
dan tidak dapat lagi melawan air bah, terutama air bah yang disebut
"Sailul Arim" yang diceritakan oleh Tuhan di dalam al Quran (surat Saba
ayat 16).
Sailul Arim ini menebabkan kehidupan di Yaman
mengalami perubahan besar. Penduduk Yaman terpaksa mengungsi akegian
utara Jazirah Arab, karena air bah yang besar itu telah melanda dan
menenggelamkan negeri mereka. Inilah yang menyebabkan runtuhnya kerajaan
Saba’ dan bangunya Kerajaan Himyar.
KERAJAAN HIMYAR
Kerajaan Himyar berdiri semenjak Kerajaan Saba’
mulai lemah. Kelemahan kerajaan Saba’ memberi kesempatan bagi kerajaan
Himyar untuk tumbuh dan berkembang dengan pesat hingga akhirnya Kerajaan
Himyar dapat mempusakai Kerajaan Saba’.
Kekuasaan mereka pun telah menjadi besar. Diceritakan bahwa balatentara mereka telah menjelajah sampai ke Irak dan Bahrain.
Akan tetapi, kerajaan ini akhirnya mengalami
kelemahannya pula. Mereka alpa memperbaiki dan mengawasi
bendungan-bendungan dan dam-dam air itu. Oleh karena itu
bendungan-bendungan dan dam-dam air dirobohkan pula oleh air bah dan
banjir. Bendungan Ma’rib tak dapat dipertahankan lagi. Dam raksasa itu
rubuh. Kerubuhan bendungan Ma’rib mengakibatkan segian dari bumi mereka
tidak mendapat air yang diperlukannya lagi, sementara sebagian yang lain
karam di dalam banjir. Malapetaka ini menyebabkan mereka berduyun-duyun
mengungsi ke bagian utara Jazirah Arab.
Oleh sebab itu, Yaman menjadi lemah. Dan
kelemahannya itu membukakan jalan bagi kerajaan-kerajaan Persia dan
Romawi untuk campur tangan dalam urusan dalam negeri Yaman dengan maksud
hendak memiliki negeri yang subur dan makmur itu.
Kerajaan Saba’ dan Himyar banyak meninggalkan
bekas-bekas dan peninggalan-peninggalan yang dapat menggambarkan
kebesaran dan kemajuan yang telah dicapai oleh kerajaan-kerajaan itu di
zaman dahulu.
Kerajaan-kerajaan ini juga pernah mempunyai armada
yang besar untuk membawa barang-barang perniagaan dari India,
Tiongkok,Somalia danm Sumatera ke pelabuhan-pelabuhan Yaman. Perniagaan
pada Lin ini boleh dikatakan dimonopoli oleh mereka.
Dari Yaman barang-barang perniagaan ini dibawa ke
utara oleh kafilah-kafilah yang juga dikuasai oleh Yaman, yaitu sebelum
pusat kafilah-kafilah ini berpindah ke Makkah sebagai yang akan
diterangkan nanti.
YAMAN TERJAJAH
Telah kita bayangkan di atas, bahwa kesuburan
dan kemakmuran negeri Yaman, mnyebabkan dua kerajaan imperialis besar di
waktu itu, yaitu Kerajaan Persia dan Romawi, berlomba-lomba untuk
menguasainya. Ada lagi sebab yang langsung yang mengakibatkan negeri
Yaman menjadi mangsa negara Imperialis, yaitu peergolakan agama yang
terjadi di negeri itu.
Seorang raja Yaman, yaitu Zu Nuas, menganut agama
Yahudi. Tindakannya itu diikuti oleh sementara kaumnya. Di Najran yaitu
bagian utara Yaman tersiar agama Masehi. Zu Nuas merasa khawatir
kalau-kalau pengaruh Kerajaan Romawi dan Habsyl akan menjalar ke Yaman
dengan perantaraan agama Masehi, apabila negeri Yaman di waktu itu (abad
ke V Masehi) sedang mengalami masa kelemahannya.
Maka Zu Nuas memerintahkan kepada penduduk Najran
supaya memilih antara dua, yaitu menganut agama Yahudi atau dibunuh
mati. Penduduk Najran bertekad biar dibunuh mati dari pada menukar agama
mereka dengan agama Yahudi. Maka diperintahkanlah oleh Zus Nuas
menggali sebuah parit. Penduduk Najran dibunuh dan dibakar oleh Zu Nuas
didalam parit itu.
Ada seorang dari mereka yang dapat melarikan diri.
Orang ini pergi ke negeri Habsyl (Ettipia). Kepada Negus yang juga
menganut agama Masehi, dimintanya supaya menuntutkan bela kaum Masehi,
yang dibunuh dan dibakar hidup-hidup oleh Zu Nuas.
Untuk ini, Kerajaan Habsyl bekerja sama dengan
Kerajaan Romawi. Kerajaan Romawi menyediakan kapal-kapal yang diperlukan
dan Kerajaan Habsyl menyediakan bala tentara.
Kemudian mereka menyerang negeri Yaman.
Penyerangan-penyerangan menang,dan Zu Nuas menderita kekalahan. Kemudian
dipacunya kudanya ke laut dan karamlah dia di dalam laut itu.
Dengan demikian jatuhlah negeri Yaman ke bawah kekuasaan Habsyl.
Panglima balatentara Habsyl bernama Aryath, dan
pembantunya bernama Abrahah. Aryathdibunuhnya dan dengan demikian
berpindahlah kekuasaan ke tangan Abrahah. Sesudah Abrahah meninggal
kekuasaan dipegang oleh anaknya yang bernama Yaksum, kemudian oleh
Masruq.
Kerajaan Persia tiadalah bersenang hati melihatkan
negeri Yaman dijajah oleh bangsa Habsyl dan Romawi itu. Akhirnya
datanglah kesempatan baginya untuk campur tangan. Yaitu dikala salah
seorang dari keturunan raja-raja Himyar namanya Saif bin ibnu Zi Yazin
lari ke Persia, untuk meminta pertolongan mengeluarkan bangsa Habsyl
dari Yaman. Permintaan itu diperkenankan oleh Kisra (raja) Persia.
Dikiriminya balatentara ke Yaman. Balatentara Persia ini berhasil
melepaskan Yaman dari penjajahan bangsa Habsyl. Kemudian kedudukan
bangsa Habsyl di Yaman digantikan oleh bangsa Persia. Mereka mengambil
alih kekuasaan bangsa Habsyl, sesudah Saif ibnu Yasin mati terbunuh, dan
mereka kuasailah sepenuhnya negeri Yaman itu.
Kisra mengangkat seorang Gubernur untuk memerintah di Yaman atas namanya.
Di kala Muhammad SAW diutus menjadi Rasul, Gubernur
di Yaman ialah Bazan. Dia hanya berpengaruh atas Yaman saja. Banyak
daerah-daerah yang lain di Yaman tiada dipengaruhinya, hanya tetap
mempunyai raja-raja atau kepala-kepala dari bangsa Arab.Nabi Muhammad
menyeru Bazan untuk menganut agama Islam, maka dianutnyalah agama ini.
KERAJAAN HIRAH DAN GHASSAN
Ada beberapa suku bangsa Arab menetap di bagian
Utara Jazirah Arab. Suku-suku bangsa ini kerapkali menggangu kerajaan
Persiadan Romawi.Kerapkali serangan-serangan liar mereka lakukan, untuk
merampas apa yang dapat mereka rampas. Kemudian rampasan itu mereka
larikan kepedalaman Jazirah Arab. Tentara Persia, begitu juga tentara
Romawi, tentu daja tidak sanggup mengjar mereka, terutama karena jalan
ke pedalaman amat sukar, dan sir sukar dijumpai.
Karena itu oleh Kerajaan Persia dan Kerajaan Romawi
diusahakan suatu hajiz (dinding) yang akan melindungi negeri Persia dan
romawi dari serangan-serangan itu. Untuk keperluan ini oleh mereka
dikumpulkan beberapa suku bangsa Arab yang tela mereka kenal, yang
dahulunya berpindah dari negeri Yaman, lalu mereka tempatkan di bagian
utara Jazirah Arab, yakni disebelah selatan negara Persia dan Romawi.
Kabilah-kabilah ini oleh mereka diperlengkapi dengan senjata dan diberi
uang. Kabilah-kabilah ini mengenal dengan baik seluk-beluk dan simpang
siur jalan-jalan serta seluruh liku-liku Jazirah Arab. Mereka sanggup
pula menghambat serangan-serangan dari suku-suku bangsa Arab tersebut.
Dengan demikian berdirilah Kerajaan Manadzirah di bawah perlindungan
Kerajaan Persia, yang bertugas melindungi Kerajaan Persia itu. Di
samping itu berdiri pula Kerajaan Ghassanah di bawah perlindungan
Kerajaan Romawi yang bertugas melindungi Kerajaan Romawi.
KERAJAAN HIRAH (MANADZIRAH)
Sejarah Keamiran Hirah ini mulai semenjak abad
ketiga Masehi, dan terus berdiri sampai lahirnya agama Islam. Kerajaan
ini telah berjasa juga terhadap kebudayaan Arab, karena warga negaranya
banyak mengadakan perjalanan-perjalanan di seluruh Jazirah Arab terutama
untuk berniaga, dalam pada itu mereka juga menyiarkan kepandaian
menulis dan membaca. Karena itu mereka dapat dianggap sebagai penyiar
ilmu pengetahuan di Jazirah Arab.
Di antara raja-rajanya terkenal ialah: Umru ul Qais,
Nu’man ibnu Umru ul Qais (yang mendirikan istana Khawarnaq dan istana
Sadir di permulaan abad kelima Masehi), Mundzir ibnu Ma’is Sama’, Amr
ibnu Hind (dikenal juga dengan nama "Amr ibnul Mundzir ibnu Ma’is Sama" yang bernama Hind (hindun) itu ialah ibunya) dan
Mundzir ibnu Nu’man ibnul Mundzir. Mundzir ibnu Nu’man ibnul Mundzir
inilah rajanya yang terakhir. Di masa pemerintahan raja inilah Khalid
ibnul Walid memerangi Hirah, dan akhirnya negeri Hirah menggabungkan
diri ke dalam pemerintahan Islam.
KERAJAAN GHASSAN (SHASASINAH)
Nama Ghasasinah itu terambil dari nama mata air
di Syam yang tersebut Ghassan. Kaum Ghasasinah memerintah di bagian
selatan dari negeri Syam dan di bagian utara dari Jazirah Arab. Mereka
telah mempunyai kebudayaan yang tinggi juga, dan menganut agama Masehi
yang diterimanya dari bangsa Romawi dan merekalah yang memasukkan agama
Masehi itu ke Jazirah Arab.
Diantara raja-rajanya yang masyhur ialah: Jafnah
ibnu ‘Amr, Arkam ibnu Tsa’labah, dan Jabalah ibnu Aiham. Jabalah ibnul
Aiham inilah rajanya yang terakhir. Di masa pemerintahan Jabalah inilah
terjadinya pertempuran Yarmuk dan masuknya agama Islam ke daerah ini.
Menurut cerita, Jabalah ini telah memeluk agama Islam, akan tetapi
kemudian dia murtad dan lari ke negeri Romawi dalam suatu peristiwa
masyhur yang terjadi di masa pemerintahan Umar Ibnul Khattab.
Antara Kerajaan Mandzirah dengan kerajaan Ghasasinah
itu selalu terjadi pergolakan, terutama disebabkan perselisihan tentang
kapal batas, Kerajaan Manadzirah menjalankan politik yang dijalankan
oleh kerajaan Persia, sebagaimana kerajaan Ghasasinah menjalankan
politik yang dijalankan oleh kerajaan Romawi. Oleh karena kerajaan
Persia dengan kerajaan Romawi itu bermusuhan, maka manakala terjadi
peperangan antara kerajaan Persia dan kerajaan Romawi, tentu saja
kerajaan Manadzirah berdiri di samping kerajaan Romawi.
Oleh karena raja-raja kerajaan Hirah dan Ghassan itu
adalah dari keturunan Yaman, maka dalam bidang kebudayaan dan cara
hidup, mereka menjaga corak dan tradisi Yaman. Sebagai contoh dapat
dikemukakan dua buah istana besar yang terdiri oleh raja Hirah, dengan
mencontih istana-istana Yaman, yaitu yang terkenal dalam sejarah dengan
nama "AlKhawarnaq", dan "As Sadir", yang telah disebutkan di atas.
Jasa kerajaa-kerajaan ini yang terpenting ialah:
mereka telah memegang peranan dalam menyiarkan pelbagai macam kebudayaan
Persia dan Romawi ke Jazirah Arab. Mereka adalah laksana jembatan yang
dilalui oleh iring-iringan kebudayaan dari negeri Persia dan Romawi
dalam perjalannya menuju Jazirah Arab.
Diantara jenis-jenis kebudayaan itu ialah: agama,
ilmu pengetahuan umum, tulis baca, ilmu pengetahuan ketentaraan dan
lain-lain.
H E J A Z
Hejas – berbeda dengan negeri-negeri Arab
yang lain – telah dapat menjaga kemerdekaannya. Tidak pernah negeri
Hejaz dijajah, diduduki, atau dipengaruhi oleh negara-negara asing.
Hal itu boleh jadi disebabkan oleh letak dan
kemiskinan negerinya, sehingga tiada menimbulkan keinginan pada
negara-negara lain untuk menjajahnnya. Boleh jadi juga, disebabkan
karena Hejaz itu sejak zaman Ibrahim telah menjadi Ka’bah bagi bangsa
Arab. Mereka bekerja bersama-sama memelihara, menjaga kemerdekaan negeri
itu, dan menjauhkan penjajah-penjajah dari padanya.
Dahulu telah kita sebutkan bahwa sejarah Hejaz dapat
di kenal negeri ini amat erat hubungannya dengan agama-agama dan
kitab-kitab suci. Oleh karena itu, dalam mengikuti pertumbuhan kehidupan
di Hejaz ini, di samping berpegang kepada buku-buku sejarah, kita juga
akan mengambil bahan-bahan dari al Quran dan Hadis-Hadis Nabi.
MAKKAH, KOTA SUCI
Ada suatu cerita yang indah diriwayatkan oleh
Bukhari berkenaan dengan telaga Zamzam. Di bawah ini kita cantumkan
ringkasannya sebagai berikut :
Ibrahim datang membawa anaknya yang masih bayi,
yaitu Ismail, serta ibunya. Mereka keduanya ditempatkan pada suatu
tempat didekat telaga Zamzam yang sekarang. Untuk jadi bekal bagi kedua
orang itu ditinggalkan oleh Ibrahim sebuah karung kecil berisi buah
korma, dan sebuah kendi berisi air, dan diapun berangkatlah hendak
kembali. Maka berserulah ibu Ismail "Hendak ke mana engkau, hai Ibrahim?
Akan engkau tinggalkalah kami berdua di lembah ini?"
Karena Ibrahim tidak menoleh, maka ibu Ismail bertanya lagi: "Apakah Tuhan yang menyuruhmu berbuat begini !"
"Betul !" jawab Ibrahim.
"Kalau begitu tentu Dia tidak akan menyia-nyiakan kami ?" ujar ibu Ismail lagi.
Setelah beberapa hari berselang, habislah makana dan
air yang ditinggalkan Nabi Ibrahim. Akhirnya air susu ibu Ismail
menjadi kering. Ibu Ismail lalu berlari-lari anjing antara bukit Safa
dan bukit Marwa, untuk melihat kalau-kalau ada orang yang dapat memberi
mereka makanan dan minuman. Tujuh kali dia berlari-lari anjing itu.
Untuk memperingati peristiwa ibu Ismail ini maka orang yang mengerjakan
ibadah haji berlari-lari anjing tujuh kali antara dua bukit itu.
Pada kali yang ketujuh kelihatan oleh ibu Ismail
malaikat menjelma sebagai burung yang sedang mematuk-matuk tanah dengan
paruhnya. Maka keluarlah air di tempat itu. Menurut riwayat lain air
memancardi dekat kaki Ismail, waktu tempat itu dihantam-hantaminya
dengankakinya ketika ia menangis.
Itulah dia telaga Zam-zam, suatu telaga yang menjadi
sebab utama bagi kemakmuran tempat ini. Sebagai diketahui air di padang
pasir adalah sumber hidup. Di mana ada air disana ada hidup dan disana
ada kemakmuran. Apalagi timbulnya air dengan cara yang disebutkan,
menyebabkan tempat ini mendapat semacam kesucian dalam pandangan bangsa
Arab. Mereka berdatangan ke tempat itu untuk menyaksikan anak kecil yang
dibawah telapak kakinya memancar mata air. Mereka coba meminum air yang
memancar sebagai menghormati bayi yang masih menyusui itu.
Tidak jauh dari tempat itu terletak kota Makkah.
Kota ini terletak kira-kira di tengah-tengah Jazirah Arab. Letaknya yang
baik ini, menyebabkannya menjadi tempat perhentian bagi kafilah-kafilah
perniagaan. Setelah mata air mamncar dari telaga Zam-zam, rumah-rumah
kota Makkah telah sampai ke dekat telaga itu.
Sekali peristiwa, datanglah Ibrahim ke Hejaz untuk
melihat puteranya. Maka kelihatanlah olehnya betapa puteranya menjadi
penghormatan yang besar, dan betapa orang dari segenap penjuru Jazirah
Arab berdatangan ke sana. Oleh karena itu Ibrahim bersama-sama dengan
puteranya itu membangun Ka’bah, agar dapat dijadikan tempat mengerjakan
syi’ar agama Ibrahim, Inilah yang diceritakan oleh Tuhan di dalam al Quran.
Ka’batul musyarrafah itu ialah Bailtullah
atau disebut juga Baitul ‘Atiq, yaitu sebuah bangunan bebentuk kubus.
Dibangun di bagian yang paling luas dilembah itu. Tingginya 15 meter.
Panjang didingnya yang sebelah barat masing-masing kira-kira 12 meter.
Pada didingnya yang sebelah timur disitulah pintu Ka’bak itu. Di pojok
Ka’bah yang sebelah tenggara sebelah keluar terdapat Hajarul Aswad. Dia
tertinggi dari tanah kira-kira satu setengah meter. Dari Hajarul Aswad
itulah dimulai thawaf.
Tatkala Nabi Ibrahim telah selesai mendirikan Ka’bah berserulah dia kepada Tuhan :
"Ya Tuhan kami ! Aku telah menempatkan sebagian
dari keturunanku pada suatu lembah yang tiada bertanam-tanama, di dekat
rumah-Mu yang dihormati. Ya tuhan kami, agar mereka mendirikan
sembahyang. Maka jadikanlah hati manusia cenderung kepada mereka, dan
beri rezekilah mereka dengan buah tanam-tanaman." (Ibrahim 37)
Tuhan telah memperkenankan do’a Nabi Ibrahim ini,
dan ditunjukakanlah oleh Tuhan kepadanya begaimana caranya agar maksud
itu terlaksana. Berfirman Tuhan :
"Beritahukanlah kepada kami manusia untuk
mengerjakan haji niscaya mereka datang kepada engkau dengan berjalan
kaki, atau menunggu kendaraan yang kurus – karena jauhnya perjalanan
dari tiap-tiap negeri yang jauh." (Al Hajj 27).
Maka diberitahukan dan diserulah manusia oleh Nabi
Ibrahim untuk mengerjakan haji, dan mereka pun memperkenankan seruan
itu. Maka semenjak itu berdatangankah manusia dari segenap penjuru dan
dari bermacam-macam negeri didunia ini ke Makkah Almukarramah untuk
mengerjakan Ibadah Haji.
Di dalam Ka’bah itulah dahulu upacara-upacara agama
dilakukan. Akan tetapi, karena banyaknya orang yang berdatangan ke
Makkah dan banyaknya orang mengerjakan haji, maka tempat yang kecil itu
menjadi sempit.
Oleh karena itu bangsa Arab bersepakat untuk
mempergunakan sebagian dari tanah yang di sekeliling Ka’bah itu untuk
tempat mengadakan upacara-upacara keagamaan, dan mereka pandang sucilah
tempat itu, oleh karenanya tempat itu mereka sebut "Haram", Yakni tempat
yang dimuliakan. Dikala datang agama Islam dan sembahyang
disyari’atkan, maka di temapat itulah sembahyang dikerjakan, oleh
karenanya maka dinamailah tempat itu "Masjidul Haram".
Pemerintah di Makkah
Kota makkah adalah satu tempatyang dipandang suci
oleh seluruh bangsa Arab. Bangsa Arab dari seluruh penjuru Jazirah Arab
berdatangan ke kota Makkah untuk mengerjakan Haji atau umrah. Oleh
karena itu bangsa Arab seluruhnya sela sekata melarang berperang dalam
bulan-bulan haji, yaitu Zulkaidah, Zulijjah, dan Muharram. Begitu juga
di bulan Rajab, karena di bulan Rajab itu banyak dikerjakan umrah.
Bulan-bulan yang disebutkan itu mereka namai "Asyhru’l Hurum"
(Bulan-bulan yang terlarang).
Demikian pula mereka telah sepakat untuk melarang
berperang di Haram Makkah itu. Sikap ini adalah semacam persetujuan yang
dibuat oleh badan-badan yang memegang pemerintah di Tanah Arab
berkenaan dengan kota Makkah.
Kota Makkah itu sendiri pun semenjak masa paginya
betul telah mengenal pemerintahan. Diantara suku-suku yang telah
memegang kekuasaan di Makkah yang terkenal ialah suku-suku Amaliqah,
yaitu sebelum Nabi Ismail dilahirkan.
Kemudian datang pula ke Makkah suku-suku Jurhum dan
mereka menetap di Makkah, bersama-sama dengan suku-suku Amaliqah. Akan
tetapi suku-suku Jurhum kemusian dapat mengalahkan dan mengusir
suku-suku Amaliqah dan Makkah.
Dimasa Jurhum berkuasa itulah Ismail datang ke
Makkah. Ismail terdiri dalam terdidik dalam lingkungan Jurhum, dan
kemudian kawin dengan salah seorang putri dari Jurhum.
Karena kota Makkah telah menjadi tempat yang
dipandang suci oleh segenap bangsa Arab, maka berdirilah di sana
pemerintahan untuk melindungi jemaah-jemaah haji dan menjamin keamanan,
keselamatan dan ketentraman mereka.
Rupanya telah terjadi pembagian kerja antara
orang-orang Jurhum dan Ismail, yaitu : urusan-urusan politik dan
peperangan dipegang oleh orang-orang Jurhum, sedang Ismail mencurahkan
tenaganya untuk berkhimat kepada Baitullah dan urusan-urusan keagamaan.
Orang-orang Jurhum kemudian telah menjadi kaya,
karena itu mereka telah tenggelam dalam kenikmatan hidup, dan lupalah
mereka kepada kewajibannya. Oleh karena itu berpikirlah oleh suku
Khuza’ah yang juga telah menetap di Makkah hendak merebut kekuasaan dari
Jurhum.
Mudhadhim ibnu ‘Amr al Jurhumi salah seorang
pemimpin Jurhum tiadalah mampu untuk menginsafkan orang-orangJurhum itu,
dan dirasanya bahwa mereka lemah. Oleh karena itu berangkatlah dia
meninggalkan Makkah bersama-sama kaumnya. Ikut pula bersama-sama mereka
putra-putra Ismail.
Oleh Mudhadhim ibnu ‘Amr sebelum meninggalakn
Makkahtelaga Zam-zam ditimbuninya dengan tanah. Setelah Jurhum
meninggalkan Makkah berpindahlah kekuasaan ke tangan Khuza’ah, yaitu
pada tahun 440 M.
Qushai inilah yang mendirikan Darun Nadwah, untuk
tempat bermusyawarah bagi penduduk Makkah di bawah pengawasan Qushai.
Dia pulalah yang mengatur urusan-urusan yang berhubungan dengan Ka’bah,
yaitu:
- As Siqayah (Menyediakan air minum).
- Ar Rifadah (Menyediakanmakanan)
- Al Liwa’ (Bendera)
Karena telaga Zam-zam telah ditimbun dengan tanah, maka amat sulitlah memperoleh Makkah (telaga Zam-zam itu kemudian digali kembali oleh Abdul Mutthalib)
Sebab itu air untuk diminum oleh jemaah-jemaah
haji haruslah didatangkan oleh orang yang memegang urusan siqayah dari
perigi-perigi yang berada di tempat-tempat yang jauh. Air ini diletakkan
di dalam bak-bak dan dicampuri sedikit dengan buah kurma dan anggur
kering agar berasa manis.
Untuk jemaah haji yang tidak mampu haruslah
disediakan makanan. Biasanya Quraisy memberikan sebagian dari harta
mereka kepada Qushai, agar dipergunakannya untuk menyediakan makananbagi
jemaah haji yang kurang mampu.
Yaitu menjaga Ka’bah, dan memegang anak kuncinya.
Quraisy berkuasa di Makkah sampai datang agama Islam.
Selama itu urusan yang empat macam itu dipegang oleh putera-putera
Qushai berganti-ganti, sampai akhirnya dipegang oleh Abdul Mutthalib
nenek Raullah SAW.
Tahun Gajah
Beberapa tahun sebelum Nabi Muhammad dilahirkan,
negeri Habsyl berhasil menaklukan negeri Yaman. Diantara gubernur yang
pernah memerintah di Yaman atas nama raja Habsyl, seorang bernama
Abrahah. Dikala Abrahah ini memperhatikan betapa bangsa Arab memuliakan
negeri Makkah, dan memeperhatikan mereka berdatangandari segenap penjuru
tanah Arab untuk mengerjakan haji di Ka’bah, terpikir olehnyahendak
mendirikansebuah bangunan yang lebih besar dari Ka’bah dan hendak
menyeru bangsa Arab agar menghadapkan muka dan berkunjung ke tempat itu.
Lalu didirikannyalah sebuah gereja besar, dan dianjurkannya agar bangsa
Arab mengerjakan Haji ke sana. Akan tetapi perbuatan dan anjurannya itu
menimbulkan amarah dalam kalangan bangsa Arab.
Seorang dari Bani Malik Ibnu Kinanah bangkit, seraya
bersumpah bahwa dia akan merudakkan gereja itu. Maka datanglah orang
ini ke Yaman, dan masuklah dia ke dalam gereja itu berpura-pura hendak
beribadat. Diwaktu hari telah malam dan orangpun tidak ada lagi di
gereja itu, dirusaknyalah perabot-perabot gereja itu, dan diubarnya
dinding-dindingnya dengan kotoran.
Abrahah mengetahui apa yang terjadi, pada keesokan
harinya. Dikatakan, bahwa ada seorang Arab bermalam di sana dan dialah
yang disangka mengerjakan perbuatan-perbuatan itu, maka bersumpahlah ia
hendak meruntuhkan Ka’bah. Lalu berangkatlah ia dengan sepasukan besar
terdiri dari tentara Habsyl yang didahuli oleh tentara bergajah.
Kemudian dia berhenti tidak berapa jauh dari kota Makkah.
Yang berkuasa di Makkah dewasa itu ialah Abdul
Mutthalib Ibnu Hasyim, nenek dari Nabi Muhammad SAW. Abrahah merampas
unta kepunyaan Abdul Mutthalib yang sedang dilepaskan ditempat Abrahah
berhenti itu. Oleh Abrahah dipanggil Abdul Mutthalib, supaya datang
menghadapnya, setelah Abdul Mutthalib datang, Abrahah berkata kepada:
"Saya datang ke Makkah ini bukanlah untuk memerangi kamu, hanya hendak
merubuhkan Ka’bah. Maka kalau kamu menghalangi maksudku ini barulah kamu
saya perangi. Dan bilamana kamu tiada menghalangi, saya pun tiada akan
menumpahkan darah, "Perkataan Abrahah ini dijawab oleh Abdul Muthhalib :
"Kami tiada mampu untuk menghalangi maksudmu. Hanya saya minta kepadamu
agar engkau mengembalikan semua untaku yang engkau rampas itu." Abrahah
lalu berkata : "Tadinya aku amat segan padamu di waktu mula-mula
melihatmu. Akan tetapi sekarang sesudah engkau berbicara dengan aku, tak
ada lagi hargamu dalam pandanganku. Apakah hanya unta yang engkau
bicarakan dengan aku, dan aku lupakan Ka’bah, sedang dia adalah agamamu,
dan agama nenk moyangmu?" Abdul Mutthalib menjawab :"Akan unta itu,
akulah yang punya, adapun Baitullah itu dia ada mempunyai Tuhan yang
memeliharanya."
Dalam pada itu Abdul Mutthalib mengajukan kepada
Abrahah sepertiga harta Tihamah, asal dia kembali dan tidak jadi
meneruskan maksudnya merubuhkan Ka’bah. Akan tetapi Abrahah tetap hendak
merubuhkan Ka’bah itu.
Maka kembalilah Abdul Mutthalib ke Makkah, dan
tawaflah dia sekeliling Baitullah seraya menyebut beberapa kalibait
syair, dan orang-orang yang sama-sama tawaf dengan dia pun turut
mengulang-ulang syair itu, yaitu :
"Hai Tuhan! Tak ada yang kami harapakan selain Mu!
Hai Tuhan! Slamatkanlah dari serangan mereka rumah Mu!
Musuh rumah Mu ialah orang yang memusuhi Mu."
Doa Abdul Mutthalib ini diperkenenkan oleh
Tuhan. Al Quranul Karim telah menceritakan bagaimana akibat yang
diderita oleh Abrahah dantentara gajahnya itu dalam ayat-ayat suci :
"Tiadalah engkau tahu, bagaimana Tuhanmu telah
bebuat terhadap balatentara yang mempunyai gajah itu? Tiadakah
dijadikan-Nya tipu-daya mereka menjadi sia-sia belaka? Dan dikirim-Nya
kepada mereka burung yang berbondong-bondong: yang melempar meeka dengan
batu dari tanah keras. Maka dijadikan-Nyalah mereka hancur luluh,
laksana daun tanaman yang telah dimamah." (Surat Al Fil)
Peristiwa tentara bergajah ini adalah suatu peristiwa yang penting dalam sejarah bangsa
Arab, karena itu mereka menjadikan
peristiwa-peristiwa yang penting dengan tahun gajah itu, dan di tahun
gajah itulah dilahirkan Nabi Muhammad SAW. (Ibnul Qaiyun : Zadul Ma’ad I
: 17)
KOTA-KOTA HEJAZ YANG LAIN
Selain dari kota Makkah, diHejaz ada beberapa
buah kota, yaitu Thaif, Yatsrib dan lain-lain, akan tetapi kota-kota ini
tidak semahsyur kota Makkah. Oleh karena kota Makkah dipandang suci,
maka kota itu lebih maju dari kota-kota yang lain, dan kehidupan pun
disitu lebih stabil.
Al Quran memberi julukan kepada kota
Makkah dengan "Ummul Qura" (Ibu negeri). Nama ini membayangkan kedudukan
Makkah lebih tinggi dari kota-kota yang lain. Berfirman Tuhan :
"Dan Al quran ini adalah suatu kitab yang kami
turunkan, yang berbahagia, yang membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya,
dan agar engkau memberi peringatan kepada penduduk Ummul Qura dan
orang-orang yang diluarnya (penduduk bumi seluruhnya)."
PERNIAGAAN QURAISY
Telah kita tuturkan tentang kegiatan perniagaan di Yaman di masa kerajaan Saba’ dan
Himyar. Dalam penuturan itu telah kita jelaskan bahwa perniagaan mereka meliputi perniagaan di
laut dan di darat. Perniagaan dilaut yaitu ke India, Tiongkok, dan Sumatra; dan perniagaan di darat ialah dalam Jazirah Arab.
Setelah negeri Yaman dijajah oleh bangsa Habsyl dan
kemudian oleh bangsa Persia, maka kaum-kaum penjajah itu dapat menguasai
perniagaan dilaut. Akan tetapi, perniagaan dalam Jazirah Arab berpindah
ke tangan penduduk Makkah, karena kaum-kaum penjajah itu – seperti yang
telah kita terangkan – sekali-kali tiada dapat menguasai bagian dalam
Jazirah Arab.
Ada faktor-faktor yang menolong Makkah dapat
memegang peranan dalam perniagaan. Terutama ialah orang-orang Yaman yang
telah berpindah ke Makkah, sedang mereka mempunyai pengalaman yang luas
dalam bidang perniagaan. Dalam pada itu kota Makkah, dari sehari ke
hari bertambah masyhur sesudah Ka’bah didirikan, dan jemaah-jemaah haji
pun berdatanganlah dari segenap penjuru Jazirah Arab tiap tahun. Keadaan
itu menyebabkan Quraisy amat dihormati oleh oleh bangsa Arab, apalagi
penghargaan dan pelayanan Quraisy terhadap jemaah Tanah Arab, antara
Utara dan Selatan itu pun telah menguatkan faktor-faktor yang disebutkan
itu. Apalagi keadaan buminya yang kering dan tandus menyebabkan
penduduknya suka merantau untuk berniaga, sebagai suatu usaha yang
utama, dan sumber yang terpenting bagi penghidupan mereka.
Dengan demikian perniagaan suku Quraisy menjadi giat
serta mendapat kemasyhuran dan kemajuan yang besar di dalam dan diluar
Jazirah Arab.
Dari San’a, dan kota-kota pelabuhan di Oman dan
Yaman, kafilah-kafilah bangsa Arab membawa minyak wangi, kemenyan, kain
sutera, barang logam, kulit, senjata, dan rempah-rempah. Barang-barang
perniagaan yang disebutkan ini ada yang dihasilkan di Yaman, dan ada
pula yang didatangkan ke kota-kota pelabuhan itu dari Indonesia, India,
dan Tiongkok. Oleh Kafilah-kafilah itu barang-barang ini di bawa ke
pasar-pasar Syam. Minyakk wangi dan kemenyan itu amat laris lakunya di
negeri-negeri tersebut. Di waktu kembali, kafilah-kafilah itu membawa
gandum, minyak zaitun, beras,jagung dan tekstil dari Mesir dan Syam.
Sebagaimana kaum Quraisy mengadakan perjalanan
perniagaan itu dari timur ke barat, untuk menghubungkan antara Bahrain
dan selat Persia (Teluk Arab) di satu pihak dengan Sudan dan Habsyl
mnelalui Laut Merah dipihak lain. Adapun barang-barang perniagaan yang
terpenting dalam Lin ini ialah mutiara yang dikeluarkan dari selat
Persia dan rempah-rempah yang dibawa dari Habsyl
Ada empat orang putera Abdul Manaf yang selalu
mengadakan perjalanan perniagaan keempat tempat terpenting yang
senantiasa didatangi oleh kafilah-kafilah Quraisy seperti disebutkan di
atas.
Mereka itu ialah : hasyim perjalanannya ke negeri
Syam Abdu Syam ke Habsyl, Abdul Mutthalib ke Yaman dan Naufal ke Persia.
Pedagang-pedagang Quraisy yang berniaga ke negeri-negeri tersebut
adalah di bawah lindungan putera-putera Abdul Manaf yang berempat itu,
karena itu tidak ada seorangpun yang berani mengganggu mereka.(At
Thabari II : 12-13, Snabikudz Dzahab fi ma’rifati qabailil Arab II :
215)
Akan tetapi perjalanan yang lebih teratur dan yang
lebih giat ialah perjalanan ke utara dimusim panas, dan ke selatan
dimusim dingin. Karena itu, maka perjalanan ini menuturkan di dalam
AlQuran sebagai berikut :
"Karena Tuhan telah membiasakan kaum
Quraisy, yakni membiasakan mereka mengadakan perjalanan di musim dingin
dan di musim panas, karena itu hendaklah mereka menyembah Tuhan Ka’bah
ini, yang telah memberi mereka makan di waktu kelaparan dan mengamankan
mereka dari ketakutan." (Surat Quraisy)
Perjalanan di musim dingin itu ialah ke Yaman, dan dimusim panas ke Syam.
Menurut riwayat At Thabari bahwa Hasyim ibnu
Abdul Manaf-lah yang mula-mula mengatur bagi Quraisy perjalanan di musim
dingin dan di musim panas. Kendati pun menurut yang diyakini oleh
ahli-ahli sejarah bahwa sebelum Hasyim itu telah ada juga perjalanan
untuk berniaga ke utara dan ke selatan, akan tetapi teraturnya adalah
semenjak diatur oleh Hasyim.
Banyak diantara kaum Quraisy yang telah mendapat
laba besar dari perniagaan ini, umpamanya : Anu Sufyan, Al Walid ibul
Mughirah dan lain-lain. Dan disamping untung material ini mereka pun
mendapat untung moril, yaitu disebabkan perjalan-perjalananyang mereka
lakukanuntuk berniaga, mereka dapat mempelajari keadaan negeri-negeri
tempat mereka berniaga itu, baik dalam bidang politik ataupun dalam
bidang sosial.
Hal ini menimbulkan suatu evolusi pikiran yang
menyebabkan mereka tidak terasing dari dari kebudayaan yang ada di
sekitanya, yakni dibagian utara dan selatan Jazirah Arab itu.
KEHIDUPAN SOSIAL DI JAZIRAH ARAB
Pembahasan di atas disengaja untuk
menjelaskan kehidupan politik dari bangsa Arab. Tetapi di dalamnya pun
telah terselip tinjauan-tinjauan penting berkenaan dengan kehidupan
sosial, yang perlu diterangkan waktu menjelaskan kehidupan politik itu.
Dalam pembahasan di bawah ini kita hendak mengkhususkan pembicaraan
mengenai segi-segi terpenting dalam kehidupan sosial bangsa Arab
sebelumIslam, karena pembahasan semacam ini amat penting untuk memahami
pendirian bangsa Arab terhadap agama Islam, dikala mereka diseru kepada
agama baru ini.
SYAIR ARAB
Ada dua cara, dalam mempelajari syair Arab di masa Jahilia, kedua-duanya itu amat besar faedahnya.
- Mempelajari syair itu sebagai suatu kesenian, yang oleh bangsa Arab amat dihargai.
- Mempelajari syair itu dengan maksud, supaya kita dapat mengetahui adat istiadat dan budi pekerti bangsa Arab.
Dibawah ini akan kita adakan tinjauan ringkas mengenai syair Arab di masa Jahiliah, menurut keduanya segi yang disebutkan itu.
Syair adalah salah satu seni yang paling indah yang
amat dihargai dan dimuliakan oleh bangsa Arab. Mereka amat gemar
berkumpul mengelilingi penyair-penyair, untuk mendengarkan syair-syair
mereka, sebagai orang zaman sekarang beramai-ramai mengelilingi penyair
atau pemain musik yang mahir, untuk mendengarkan permainannya.
Ada beberapa pasar tempat penyair berkumpul,
yaitu:pasar ‘Ukas, Majinnah, Zul Majaz. Dipasar-pasar itu para penyair
memperdengarkan syairnya yang sudah dipersiapkannya untuk maksud itu,
dengan dikelilingi oleh warga sukunya; yang memuji dan merasa bangga
dengan penyair-penyair mereka.
Dipilihlah di antara syair-syair itu yang terbagus, lalu digantungkan di Ka’bah tidak jauh dari patung dewa-dewa pujaan mereka.
Seorang penyair mempunyai kedudukan yang amat tinggi
dalam masyarakat bangsa Arab. Bila pada suatu kabilah muncul seorang
penyair maka berdatanganlah utusan dari kabilah-kabilah lain, untuk
mengucapkan selamat kepada kabilah itu. Untuk ini kabilah itu mengadakan
perhelatan-perhelatan dan jamuan besar-besaran, dengan menyembelih
binatang-binatang ternak. Wanita-wanita kabilah ke luar untuk menari,
menyanyi dan bermain musik.
Semua ini diadakan untuk menghormati penyair. Karena
penyair membela dan mempertahankan kabilah dengan syair-syairnya, ia
melebihi seorang pahlawan yang membela kabilahnya dengan ujung
tombaknya. Disamping itu penyair dapat juga mengabadikan
peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian dengan syairnya. Dan bilamana
ada penyair-penyair kabilah lain mencela kabilahnya, maka dialah yang
akan membalas dan menolak celaan-celaan itu dengan syair-syairnya pula.
Salah satu dari pengaruh syair pada bangsa Arab ialah
: Bahwa syair itu dapat meninggikan derajat yang tadinya hina,atau
sebaliknya, dapat menghina-hinakan seseorang yang tadinya mulia.
Bilamana seorang penyair memuji seorang yang tadinya dipandang hina,
maka dengan mendadak sontak orang itu menjadi mulia; dan bilamana
seorang penyair mencela atau memaki seorang yang tadinya dimuliakan,
maka dengan serta merta orang itu menjadi hina.
Sebagai contoh dapat kita sebutkan di sini Abdul
‘Uzza ibnu ‘Amir. Dia adalah seorang yang mulanya hidup melarat.
Puteri-puterinya banyak, akan tetapi tidak ada pemuda-pemuda yang mau
memperistri mereka. Kemudian dia dipuji oleh Al A’sya seorang penyair
ulung. Syair Al A’sya yang berisi pujian itu tersiar kemana-mana. Dengan
demikian menjadi mashyurlah Abdul ‘Uzza itu; penghidupannya menjadi
baik, maka berebutanlah pemuda-pemuda meminang puteri-puterinya.
Ada sekumpulan manusia dicela oleh penyair Hassan ibnu Tsabit, maka menjadi hina-hinalah mereka.
Penyair Al Huthaiah memuji sekelompok manusia. Mereka
merasa bangga dengan pujian Al Huthaiah itu, seakan-akan pujian Al
Huthaiah itu suatu ijazah yang mereka dapat dari salah satu perguruan
tinggi.
Itulah syair dan demikianlah pengaruhnya!
Sekaranginginlah kita hendak memperkatakan syair itu sebagai suatu seni
yang telah menggambarkan kehidupan, budi pekerti dan adat istiadat
bangsa Arab.
Menurut para pembahas, syair-syair dari
penyair-penyair yang hidup dimasa Jahiliah menjadi sumber yang
terpenting bagi sejarah bangsa Arab sebelum Islam. Syair-syair dapat
menggambarkan kehidupan bangsa Arab dimasa Jahiliah,. Dia adalah sumber
bagi sejarah bangsa Arab, sebagai piramida-piramida, candi-candi,
obelisk-obelisk dan tulisan-tulisan yang ada pada barang-barang
tersebutmenjadi sumber bagi sejarah bangsa Mesir purbakala.
Orang yang membaca syair Arab, akan melihat kehidupan
bangsa Arab tergambar dengan jelas pada syair itu. Dia akan melihat
padang pasir, kemah-kemah, tepat-tempat permainan, dan sumber-sumber
air. Dia akan mendengar tutur kata pemimpin-pemimpin laki-laki dan
wanita. Dia akan mendengar bunyi kuda dan gemerincing pedang.
Syair akan mengisahkan kepadanya peperangan-peperangan, adat istiadat dan budi pekerti bagsa Arab.
Dari syair kita akan mengetahui bahwa di antara
bangsa Arab ada orang-orang yang telah mengetahui "Allah", kendati pun
kepercayaan watsani-lah yang berkembang di waktu itu. Ada orang
mengharamkan atau mencela minum chamar (tuak). Dan bahwa salah satu adat
kebiasan mereka ialah mengawini istri bapa sesudah bapa itu meninggal.
Dan bahwa mereka telah mengenal thalaq, dan banyak lagi hal lain-lain,
yang syair Arab Jahiliah itu adalah sumber untuk mengetahuinya.
A G A M A
Ahli-ahli sejarah agama berpendapat bahwa
manusia itu menurut wataknya suka beragama. Naluri suka beragama dan
suka memikirkan Allah, selalu kelihatan pada tiap-tiap masyarakat
manusia.
Oleh karena itu, kalau dalam masyarakat kedapatan
oknum-oknum atau kelompok-kelompok manusia yang memungkiri adanya Tuhan
atau berusaha memberantas agama, hal itu berarti bahwa mereka melawan
naluri yang ada pada diri mereka sendiri. Dan jarang pula orangyang
melawani dan mengingkari naluri sendiri itu karena satu dan lain sebab.
Ada perlainan pendapat dalam kalangan ahli-ahli
sejarah agama tentang menentukan keadaan-keadaan yang menolong bagi
pertumbuhan dan perkembangan naluri beragama itu.
Sebagian dari mereka berpendapat bahwa naluri
beragama akan tumbuh dan berkembang, bila pikiran telah maju dan
kecerdasan telah tinggi, bila manusia telah sampai kepada taraf dapat
berpikir tentang dirinya, bagaimana dirinya itu dijadikan, tenaga-tenaga
dan daya-daya apa yang ada pada dirinya itu, bagaimana dia dapat
melihat dan mendengar dan sebagainya:
"Dan (juga) dalam diri kamu sendiri – ada tanda-tanda kebesaran Tuhan – apakah tidak kamu perhatikan ?" (Adz Dzariyat 21).
Dan dapat berpikir tentang alam yang melingkupinya, tentang langit dan bumi.
"Apakah mereka tidak melihat kepada unta,
bagaimana dijadikan ? Kepada langit, bagaimana ditinggikan ? Kepada
gunung-gunung, bagaimana ditegakkan ? Dan kepada bumi, bagaimana
dihamparkan ?" (Al Ghasyiah 17 – 20)
Sedang sebagian lain berpendapat bahwa naluri
beragama itu tumbuh dan berkembang, dimana perbedaan gejala-gejala alam
amat jelas kelihatannya. Dimana manusia merasa lemah berhadapan dengan
gejala-gejala alam itu, maka timbullah keinginannya hendak meminta
pertolongan atau meminta perlindungan kepada gejala-gejala alam itu.
Beginilah halnya manusia primitif; dikala mereka melihat hujan, angin,
penyakit, maut, binatang-binatang buas, mereka merasa kelemahan mereka,
maka oleh karena itu dicarinyalah perlindungan.
Sesuai dengan keadaan yang menolong bagi menumbuhkan
dan memperkemban naluri beragama itu, maka bangsa Arab mengambil
kedudukannya diantara bangsa-bangsa yang beragama.
Mereka yang cenderung kepada pendapat yang pertama
berpendapat, bahwa naluri beragama itu tumbuh dan berkembang dimana
didapati ketentraman hati, karena dalam keadaan yang semacam itulah ada
kesempatan bagi akal untuk berpikir.
Sedang orang-orang yang cenderung kepada pendapat
yang kesua, berpendapat bahwa naluri beragama tumbuh dan berkembang
dimana manusia berada dalam pergolakan yang sempit di dalam alam ini.
Dimana dia selalu menghadapi kesulitan-kesulitan hidup. Orang-orang ini
berpendapat bahwa naluri beragama pada bangsa Arab, ditimbulkan oleh
keadaan hidup mereka.
Dalam pada itu, kekeringan Jazirah Arab sebenarnya
adalah baru, kalau dibandingkan dengan berapa lamanya manusia telah ada
di muka bumi ini.
Penyelidikan-penyelidikan ilmiah telah menunjukan
bahwa Jazirah Arab – yang sekarang merupakan padang pasir yang tandus –
dahulunya adalah bumi yang subur dan menghijau, yang telah
menganugrahkan kepada penduduknya pelbagai macam kemakmuran. Oleh karena
itu amat boleh jadi perasaan keagamaan telah timbul pada bngsa Arab
semenjak zaman yang disebutkan.
Kita berkata demikian, oleh karena semangat beragama
amat kuat pada bangsa Arab, hal ini adalah nyata dan tidak diragukan
lagi, serta dapat disaksikan setiap hari.
Semangat beragama ini menjadi salah satu sebab yang
mendorong mereka melawan dan memerangi agama Islam dikala Islam datang.
Mereka memerangi agama Islam, karena mereka amat kuat berperang dengan
agama lama, yaitu kepercayaan yang telah mendarah daging pada diri
mereka. Andaikata mereka acuh tak acuh dengan agama tertentu
dibiarkannya saja agama Islam, siapa yang hendak memluknya
dipeluknyalah, dan siapa yang tidak, terserah. Akan tetapi yang kejadian
bukanlah demikian.Agama Islam mereka perangi dengan mati-matian, sampai
mereka kalah.
Sampai saat ini pun orang Arab, baik pun dia seorang
ulama atau seorang jahil, amat bersemangat terhadap agamanya,
disiarkannya agama itu dan dibelanya sekuat tenaganya.
Di Indonesia saya perhatikan bangsa Arab dari
Hadramaut, bangsa India Tionghoa, dan di antara bangsa-bangsa ini,
bangsa Arablah yang amat bersemangat terhadap agamanya, dan yang giat
menyiarkannya padahal bangsa Tionghoa dan bangsa India jauh lebih kaya
dari mereka.
Sementara itu jangan dilupakan bahwa yang kita maksud
dengan semangat beragama di sini, ialah semangat beragama umumnya.
Adapun ibadat dan kerja-kerja keagamaan, bangsa Arab Badui, sudah lama
merasa bosan dan kesal terhadapnya, karena hal ini mereka pandang
sebagai pengikat kemerdekaannya.
Mereka amat mencintai hidup bebas yang tiada terikat oleh sesuatu apapun.
Dalam beragama kerapkali terjadi penyelewengan. Ada
di antara umat manusia yang menyembah pohon-pohon kayu. Ada pula yang
menyembah bintang-bintang, sebagaimana tak kurang pula yang menyembah
raja-raja, binatang-binatang dan batu-batu.
Akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa penyembahan
yang mula-mula di kenalmanusia semenjak masa Adam a.s. adalah penyembah
kepada Allah yang Maha Esa. Karena dengan menyembah Allah itulah tentram
jiwa manusia.
Bangsa Arab adalah salah satu dari bangsa-bangsa yang
telah mendapat petunjuk. Mereka mengikuti agama Nabi Ibrahim, setelah
Nabi Ibrahim melarikan diri dari kaumnya yang hendak membakarnya dengan
api, karena beliau mengingkari dan melawan dewa-dewa mereka.
Tetapi bangsa Arab setelah mengikuti iagama Nabi
Ibrahim lantas kembali lagi menyembah berhala. Berhala itu mereka buat
dari batu dan ditegakkan di Ka’bah. Dengan demikian agama Ibrahim
bercampur aduklah dengan kepercayaan watsani, dan hampir-hampir
kepercayaan watsani itu dapat mengalahkan agama Nabi Ibrahim, atau
benar-benar agama Nabi Ibrahim telah kalah oleh kepercayaan watsani.
DARI AGAMA NABI IBRAHIM KE KEPERCAYAAN
WATSANI
Ada bermacam-macam pendapat tentang
cara berpindahnya bangsa Arab dari agama Nabi Ibrahim kepada kepercayaan
Watsani. Boleh jadi di antara pendapat-pendapat itu, yang lebih dekat
kepada yang sebenarnya ialah yang dituturkan oleh Ibnul Kalbi yitu :
Yang menyebabkan bangsa Arab akhirnya menyembah
berhala dan batu, ialah siapa-siapa yang meninggalkan kota Makkah
selalumembawa sebuah batu, siambilnya sari batu-batu yang ada di Haram
Ka’bah, dengan maksud untuk menghormati Haram itu, dan untuk
memperlihatkan cinta mereka terhadap kota Makkah.
Dengan demikian jelaslah sudah betapa agama Nabi Ibrahim telah campur aduk dengan kepecayaan Watsani.
Dalam keadaan yang gelap gulita ini didapati pula
diantara bangsa Arab itu orang-orang yang melecehkan dan tidak suka
menyembah berhala. Mereka antara lain ialah: Waraqah ibnu Naufal, Usman
ibnu Huairis, Abdullah ibnu Jahsy dan Zaid ibnu Umar.
Warakah dan Usman akhirnya memeluk agam Masehi.
Abdullah tetap ragu-ragu sampai datangnya agama Islam. Diwaktu agama
Islam datang, lalu dianutnya, akan tetapi kemudian ditinggalkannya, dan
dianutnya pula agama Masehi, sebagai yang tersiar dimasanya, tetapi
jiwanya tiada puas dengan penyembahan berhala, dan agama Islam belum
pula lahir lagi di awktu itu, Oleh karena itu kelihatanlah dia sebagai
seorang yang menciptakan agama sendiri. Dijauhinya berhala, dan tiadalah
dia mau memakan bangkai dan darah, dan berserulah dia kepada kaumnya :
"Wahai kaumQuraisy! Demi orang yang berkuasa
atasku tak ada lagi diantara kamu orang yang masih berperang kepada
agama Ibrahim, selain dari padaku".
Acapkali pula dia menyeru Tuhan, seraya berkata :
"Wahai Tuhanku! Kalu kiranya aku ada mengetahui
wajah yang paling engkau cintai, saya sembah engkau dengan
perantaraanya. Akan tetapi aku tiada mengetahuinya"
Di antara orang-orang yang juga tidak mau menyembah berhala ialah : Umaiah ibnu Abish Shalt dan Quss ibnu Sa’idah al Iyadi.
Adapun di antara berhala-berhala terpenting yang
disembah oleh bangsa Arab, ialah "Hubal". Hubal ini terbuat dari batu
akikk berwarna merah, berbentuk manusia. Yaitu dewa mereka yang
terbesar. Dia diletakkan di Ka’bah.
Disamping itu banyak lagi berhala-berhala yang lain, diantaranya yang penting:
Al lata, tempatnya di Thaif, menurut Tsaqif (penduduk Thaif) Al lata ini adalah berhala yang paling tua.
Al ‘Uzza, tempatnya di Hejaz. Kedudukannyasesudah Hubal.
Manah, tempatnya didekat kota Madinah. Manah ini dimuliakan oleh penduduk Yatsib.
Baik pula diketahui bahwa bangsa Arab menyembah
berhala-berhala ini adalah sebagai perantara kepada Tuhan, jadi pada
hakekatnya bukanlah berhala-berhala itu yang mereka sembah.
"Kamu tiadalah menyembah mereka, hanya agar mereka menghampirkan kami kepada Allah sehampir-hampirnya" ( Az Zummar 3)
Untuk mendekatkan diri kepada dewa-dewa itu, maka
oleh bangsa Arab disajikan kepadanya korban-koraban dari binatang
ternak. Bahkan pada suatu ketika pernah pula mereka mempersembahmkan
manusia sebagai koraban kepada dewa-dewa.
Peristiwa Abdul Mutthalib yang hampir saja
menyembelih puteranya yang bernama Abdullah buat jadi koraban kepada
dewa-dewa – sebagai yang akan kita tuturkan nanti – menunjukkan bahwa
mempersembahkan manusia sebagai koraban kepada dewa-dewa pernah
dikerjakan oleh mereka.
Mereka pun biasa pula bertenung, dan melihat
peruntungan kepada dewa-dewa itu. Bilaman seorang hendak mengerjakan
sesuatu pekerjaan yang berarti, umpamanya hendak berpergian, atau kawin,
pergilah ia ke Ka’bah untuk bertenung dan melihat pendapat dewa-dewa
terhadap pekerjaan itu. Yang menjadi juru tenung ialah penjaga-penjaga
Baitullah.
Di samping pemujaan kepada berhala-berhala,
agama-agama ketuhanan pun telah pernah memasuki Jazirah Arab, sebelum
datang agama Islam. Diatas telah pernah kita tuturkan tentang seorang
raja Yaman yang bernama Zu Nuas. Telah kita sebutkan pula bahwa raja ini
memeluk agama yahudi itu. Zu Nuas menerima agama Yahudi dari
orang-orang Yahudi yang berpindah ke Yaman.
Dalam pada iti di Yatsib, Khaibar, Wadil Qura dan
lain-lain ada pula orang-orang yang beragama Yahudi. Boleh jadi mereka
berasal dari Palestina, atau mereka ialah bangsa Arab yang telah memeluk
agama Yahudi
Agama Masehi pun pernah masuk ke Jazirah Arab. Telah
kita sebut juga di atas mengenai kaum Masehi Najran yang dimusnahkan
oleh Zu Nuas. Di Ghassan ada kaum Masehi, demikian pula di Yaman waktu
negeri Yaman di bawah pemerintahan bangsa Habsyi, Agama Masehi datangnya
ke Jazirah Arab ialah dari Siria, Mesir dan Habsyi.
Tetapi, agama Yahudi dan Masehi tiadalah tersiar
betul tanah Arab.Yang demikian disebabkan adanya diskiriminasi yaitu
agama Yahudi menurut bagsa yahudi adalah agama dari "suatu bangsa yang
pilihan"
Kendatipunseorang Arab telah menganut agama Yahudi,
namun dia tiadalah akan mendapat hak sama dengan seorang Yahudi
keturunan Yahuda.
Oleh karena itu tiadalah rela bangsa Arab untuk
memeluk suatu agama yang akan menempatkannyapada suatu derajat dibawah
dari derajat penyeru-penyeru agama itu sendiri.
Adapun agama Masehi, Keadaannya telah terpenuhi oleh
kepercayaan-kepercayaan yang ruwet, yang sukar oleh otak bangsa Arab
memahaminya. Juga telah dipenuhi oleh perselisihan yang sengit, yang
mengakibatkan persoalan agama itu sendiri menjadi kabur, dan menjadikan
orang-orang Arab yang ingin menganut agama itu akhirnya jadi berpaling
daripadanya.
K E L U A R G A
Tiadalah dapat seorang pembahas
menentukan suatu sistem keluarga yang dipakai oleh kabilah-kabilah Arab.
Karena adat istiadat kabilah-kabilah itu kadang-kadang amat jauh
berbeda. Yang demikian disebabkan oleh sistem kabilah, yang telah
menjadikan satu kabilah sebagai satu kesatuan yang mempunyai adat
istiadat dan budi pekerti tersendiri, yang boleh jadi amat jauh bedanya
dari adat istiadat dan budi pekerti kabilah-kabilah yang lain.
Akan tetapi ada suatu gejala yang boleh dikatakan
kelihatan dengan jelas pada tiap-tiap kabilah. Yaitu : adat menjaga dan
membela wanita, dan memandang kehormatan perempuan itu lebih tinggi
harganya daripada jiwa, harta dan anak pinak.
Perempuan-perempuan itu sendiri pun, kerapkali pula
dapat mempergunakan kesempatan mereka di medan perang untuk memompakan
semangat yang berapi-api kepada kaum laki-laki yang sedang bertempur.
Pada pertempuran Dzi Qar yang terjadi antara bansa
Persia dengan Kabilah Bakr tampilah seorang perempuan dari Bani Ajal
menyanyikan sebuah lagu untuk menghasung kaum laki-laki yang sedang
bertempur, agar mereka bertempur dengan mati-matian.
Dalam nyanyian itu ia atas nama teman-temanya kaum
wanita mengucapkan janji yang muluk-muluk kepada kaumlaki-laki yang
sedang bertempur itu. Janji itu akan dipenuhi kalau mereka menang, dan
diancam kalau mereka kalah. Nyanyian ini diubah dalam sebuah sajak yang
berbunyi:
"Kalau kamu dapat mengalahkan musuh, kita berpeluk-pelukan.
Kita hamparkan permadani
Tetapi kalau kamu yang kalah, kita bercerai.
Cerai sebagai orang yang tak pernah mencintai"
Tidak jarang pula penghargaan kepada kaum
perempuan telah menyeleweng dan berlebih-lebihan sampai menimbulkan
bencana serta menyebabkan perbuatan-perbuatan yang memberi malu dan
noda. Sebagai contoh dapat disebutkan di sini peristiwa ‘Amr ibnul
Mundzir ibnu Mais Sama’. ‘Amr ini seorang yang berkuasa (raja) di Hirah.
Sekali peristiwa dia bertanya kepada orang-orang yang sama-sama duduk
dengan dia : "setahu kamu sekalian, adakah di tanah Arab ini orang yang
ibunya enggan melayani ibuku? Tidak ada, jawab mereka, hanya boleh jadi
‘Amr ibnu Kultsum".
Maka oleh ‘Amr ibnul Mundzir dengan ibunya yang
bernama Hindun dijamu ‘Amr ibnul Kultsum dengan ibunya yang bernama
Laila binti Muhalhil. Kepada ibunya dibisikkannya agar diwaktu makan dan
minum nanti ibunya meminta tolong kepada Laila supaya mengambilkannya
piring dan sebagainya.
Hindun menjalankan sebagai yang dibisikan anaknya
itu, akan tetapi Laila menjawab :"Masing-masing haruslah mengambil apa
yang diperlukannya!"
Hindun meminta sekali lagi supaya Laila menolongnya.
Akan tetapi Laila arif apa yang dimaksud orang kepadanya, dan terasa
olehnya bahwa perasaan dan kehormatannya tersinggung, maka berteriaklah
ia: "Penghinaan! Penghinaan !"
Teriakannya itu kedengaran oleh anaknya. Maka
melompatlah dia dari tempat duduknya dan direbutnya sebuah pedang yang
kebetulan tergantung di dinding, lalu dibunuhnya ‘Amr ibnul Mundzir
dengan pedang itu.
Dari cerita ini, yang kita cantumkan di sini dengan
ringkas, dapatlah pembaca membayangkan kedudukan wanita pada bangsa Arab
yang dicerminkan oleh Hindun dan Laila. Dari cerita ini kita dapat
mengetahui ketajaman perasaan wanita Arab, seperti yang tercermin pada
Laila. Kelihatan pula betapa sepatah kata saja Laila yang melukiskan
kemarahan hatinya telah mengakibatkan tewasnya seorang raja.
Salah satu gejala dari adanya keinginan yang
berlebih-lebihan untuk menjaga agar perempuan itu selalu terhormat ialah
: kebiasaan mengubur anak perempuan hidup-hidup, karena dikhawatirkan
nanti akan bernoda atau di tawan musuh.
Akan tetapi kebiasaan membunuh anak perempuan ini
tentu saja tiadalah menjadi adat bagi seluruh kabilah Arab, hanya
terdapat pada sementara Bani Asad dan Tamim.
Tentang pembinaan keluarga, maka umumnya adalah
menurut yang biasa saja. Yaitu laki-laki meminang wanita yang hendak
dikawinnya kepada keluarganya. Bial pinangan itu dikabulkan, maka
dibawanyalah wanita itu ke rumahnya dan dilangsungkan pernikahan.
Telah menjadi kebiasaan pula meminta pikiran perempuan lebih dahulu, sebelum dia dikawinkan.
Buku-buku kesusastraan dan sejarah banyak
menceriatakan peristiwa Aus ibnu Haritsah dengan ketiga orang puteranya,
ketika didatangi oleh Al harit ibu ‘Auf, untuk meminang salah seorang
puterinya itu.
Aus memanggil puterinya yang tertua, dan kepadanya disampaikan pinangan bangsawan Arab itu.
Puterinya mengemukakan beberpa ‘aib yang ada pada
dirinya sendiri. Padahal antara dia dan Al Harits tidak ada kekerabatan
atau dipandang oleh Al Harits bukan pula tetangga dari ayahnya, yang
akan menyebabkan ayahnya merasa malu untuk menolak pinangannya.
Lebih lanjut puterinya itu berkata : "Aku takut kalau-kalau aku nanti dicerikannya; hal itu tentu tidak baik bagiku".
Aus memanggil puterinya yang menengah. Ia pun menolak
sebagai tolakan saudaranya yang tua itu. Akhirnya Aus memanggil
puterinya yang terkecil. Ia menerima pinangan itu. Maka diceritakanyalah
oleh ayahnya bahwa saudaranya yang berdua telah menolak, dan
dijelaskannya mengapa saudara-saudaranay itu menolak. Maka berkatalah
puterinya yang paling muda itu "Akan tetapi, demi Allah, mukaku cantik,
aku banyak berbuat baik. Budi pekertiku pun halus. Bahkan pula ayahku
berbangsa tinggi". Bertanyala ayahnya:"Tidakkah engkau takut akan
diceraikannya?" Pertanyaan ayahnya itu dijawabnya:"jika aku dicerikan,
kendatipun sifat-sifatku sebagai disebutkan itu, tiadalah ia akan
diberkati oleh Allah ".Maka oleh Aus dikawinkanlah dia dengan Al Harits
itu.
Dengan memperhatikan ceritera ini dapat pula kita mengetahui bahwa bangsa Arab telah mengenal pula thalaq itu.
Telah jadi kebiasaan bagimereka bahwa thalaq itu di
tangan laki-laki. Seorang laki-laki berhak memegang terus istrinya atau
menceraikannya. Akan tetapi ada sementara wanita yang tiada mau
diperistri, kalau tidak hak mencerai itu dipegang oleh mereka.
Diantaranya Salma binti ‘Amr dari Bani An Najjar. Salma ini ialah ibu
dari Abdul Mutthalib ibnu Hasjim.
Ada lagi suatu kebiasaan bangsa Arab, yaitu tidak mau
mengawinkan putri-putri mereka kepada bangsa asing (yang bukan bangsa
Arab).
Pernah Kisra Persia hendak memingang salah seorang dari puteri Nu’man ibnu Mundzin raja Hirah.
Wanita-wanita padang pasir tidak ingin dikawinkan
dengan pendduk negeri. Sebagai contoh dapat kita sebut Maisun istri dari
Mu’awiah ibnu Abi Sufyan dan ibu dari Yazid ibnu Mu’awiah. Maisun tidak
betah hidup mewah dalam istana di kota Damaskus nan indah itu. Jiwany
selalu rindu kepada kemahnya, serta hidupnya yang bebas digurun pasir.
Untuk melahirkan perasaan hatinya ditulisnya sebuah kasidah yang panjang, diantaranya :
Memakai baju ‘aba’ah yang kasar akan tetapi hatiku senang, lenih kusukai daripada memakai yang halus-halus
Angin yang repihan roti di rumah yang sudah bukit lebih kusukai daripada mahligai yang tinggi
Mamakan repihan roti di rumah yang sudah runtuh, lebih kusukai daripada memakan roti yang segar
Tatkala Mu’awiah mengetahui hal ini dikembalikannyalah istrinya ke kampungnya di padang pasir.
Dimasa Jahiliah jumlah istri pada bangsa Arab tiada
terbatas. Dalam buku fiqh banyak disebutkan contoh tentang orang sebelum
Islam yang beristri lebih dari empat orang. Ada diantaranya yang
mempunyai istri sampai sepuluh orang. Orang ini disuruh memilih empat
orang di antara istri itu dan menceraikan yang selebihnya.
Orang Arab Amat suka mempunyai anak laki-laki. Doa
mereka diwaktu kawin ialah : "Bir rifai wal banin".(moga-moga sesuai,
dan banyak anak laki-laki) Dan adalah suatu hal yang jelas bahwa putra
yang laki-laki itulah yang menjadi saka guru dan tiang keluarga.
Wanita Arab menjadi teman dan penolong yang baik bagi
suaminya, karena dia mempunyai bermacam kepandaian yang menyebabkan
kecerdasannya setarf dengan kecerdasan suaminya. Dia pandai menggembala,
bernyanyi, bersyair, menari, memintal benang, bertenun kain dan membuat
kemah. Kesemuanya itu dapat dikerjakan oleh seorang wanita Arab,
disamping kewajibannya sebagai ibi rumah tangga dan nyonya rumah.
Wanita Arab di zaman Jahiliah tidak mengenal "hijab"
bahkan sampai sekarang ini pun wanita-wanita padang pasir Arab tidak
mengenal Hijab. Mereka biasa keluar rumah dengan mengapit lengan
suaminya sebagai kebiasaan orang-orang Barat
Adapun hijab yang kedapatan dikota-kota Jazirah Arab
di zaman sekarang, biarpun dengan cara menutup muka, atau dengan cara
tidak boleh keluar rumah atau memasuki masyarakat adalah suatu peraturan
yang dimasukan oleh bangsa Turki ke dunia Islam, dimasa mereka berkuasa
dahulu. Hijab ini oleh bangsa Turki diberi corak keIslaman, padahal
sebenarnya dia bukanlah adat istiadat Arab dan bukan pula adat istiadat
Islam.
Ada suatu kebiasaan yang tidak baik, yang
terkadangdiderita oleh wanita Arab, yaitu istri dari ayah biasanya
diwarisi (dikawini oleh anaknya) seperti mewarisi harta benda.
Perkawinan semacam ini mereka namai "Zawaju’l maqt" (kawin marah)
Akan tetapi kebiasaan ini tidak begitu tersiar. Biasanya dilakukan terhadap wanita yang tiada beranak
Sementara itu ahli-ahli sejarah mamandang perlakuan
ini sebagai akibat sistem perkawinan bangsa Arab, yaitu sistem yang
menganggap bahwa perkawinan itu berarti memutuskan hubungan antara
seorang wanita dengan ayah dan saudara-saudara laki-laki.
Keluarga pada bangsa Arab adalah suatu kesatuan yang
anggotanya dukung mendukung, biarpun keadilan atau dalam perbuatan
aniaya. Dalam hal ini semboyan mereka ialah :"Tolong saudaramu, biarpun
menganiaya atau teraniaya!"
Walupun demikian pendirian dua orang yang bersaudara,
kemudian antara anak-anak atau keturunan dari dua orang bersaudara itu,
lekas pula terjadi permusuhan, yang menyebabkan mencetus api peperangan
antara mereka. Seperti permusuhan yang terjadi antara keturunan ‘Abdud
Dar dan keturunan ‘Abdu Manaf, sedangkan ‘Abdud Dar dan ‘Abdu Manaf, itu
adalah bersaudara. Keduanya putera dari Qushai. Begitu juga permusuhan
yang terjadi antara keturunan ‘Abdu Manaf dengan Umaiyah Ibnu’Abdu Syam.
Demikian pula permusuhan yang timbul antara keluarga Abbasiah dan
keluarga Alawiah padahal kedua golongan ini adalah keturunan ‘Abdull
Mutthalib ibnu Hasyim. ( Prof. Dr. A. Syalabi )
***
No comments:
Post a Comment
Assalamualaikum.. Temen2 jangan lupa Komentar na ^_^