English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 30 September 2011

Madu dan manfaatnya untuk Kesehatan

Manfaat Madu sangat dirasakan bagi Anda yang sibuk dengan rutinitas padat dan memerlukan energi ekstra. Madu sebagai nutrisi tambahan telah lama diakui menambah energi karena madu mengandung fruktosa dan glukosa. Penulis sendiri begitu merasakan bagaimana efektifnya madu untuk menambah energi , sangat terasa beda ketika penulis mengkonsumsi madu dan tidak mengonsumsi madu tiap hari .
Manfaat madu telah lama diketahui sehingga para olahragawan pun menggunakannya. Jaman dahulu atlet olahraga yunani kuno menggunakan madu untuk menambah stamina dan daya tahan ketika mengikuti kompetesi. Hasilnya mereka mengikuti kompetisi dengan lebih bertenaga dan hasil lebih bagus.
Glukosa dan fruktosa di dalam madu merupakan sumber energi. glukosa dan fruktosa dirubah menjadi glikogen yang disimpan di dalam organ hati dan akan dipakai oleh tubuh ketika tubuh membutuhkan energi ekstra. Jadi manfaat madu untuk menambah energi adalah berkat kandungan glukosa dan fruktosa nya.

Aneka rupa manfaat madu untuk kesehatan

Sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat jika kita rajin mengkonsumsi madu ini. Madu yang kita konsumsi memiliki efek anti bakteri eksternal serta internal sehingga efeknya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu manfaat madu juga dapat membantu tubuh kita ketika sedang menyembuhkan penyakit.
Manfaat madu yang lain adalah madu akan meningkatkan funsi otak . Cobalah mengkonsumsi madu rutin sesendok sebelum tidur.
Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat madu untuk kesehatan akan terasa ketika anda terserang influensa. Madu dapan menjadi Antivirus yang alami. Keampuhan obat flu yang dijual bebas di pasaran pun terkalahkan dengan mengkonsumsi madu.
Jika Anda sering mengalamai masalah pencernaan, Manfaat madu sangat banyak bagi Anda. Madu membantu kelancaran pencernaan, Anda disarankan mengonsumsi 2 sendok teh madu sehari 3 kali untuk menyehatkan organ pencernaan Anda.

Madu Bermanfaat untuk Mengurangi Jerawat

Jerawat juga dapat dikurangi dengan mengoleskan 3 sendok makan madu dan sesendok teh bubuk kayu manis, oleskan pada wajah sebelum tidur. pada pagi harinya bilaslah dengan air hangat. Cobalah lakukan rutin selama 2 minggu berturut turut, maka manfaat madu akan terasa dengan berkurangnya jerawat Anda.

Berikut ini adalah manfaat madu detailnya:
1. Janin : Janin yang masih ada di dalam kandungan pada setiap orang tidak sama, ada yang kuat ada yang lemah, untuk membantu memperkuat janin dalam kandungan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi madu.
2. Ibu Hamil : Madu membantu menjaga stamina dan kesehatan selama mengandung bayi, dan membantu asupan gizi yang tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan.
3. Bayi : Membantu perkembangan otak bayi, karena setiap harinya otak terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. Untuk itu ia membutuhkan gizi yang tinggi. Pertumbuhan dan perkembangan otak sangat terkait dengan kecerdasan pikiran (IQ ) dan kecerdasan mental ( EQ ) . Hal ini dapat dilihat dewasa ini aneka produk makanan tambahan baik susu atau bubur bayi yang di formulasikan dengan madu seperti Dancow , Frisian Flag , Sustagen ,dsb . Untuk itu kenapa tidak kita berikan saja bagi buah hati kita yang terbaik ,yaitu madu.
4. Anak-anak : membantu agar nafsu makan meningkat ( adanya unsur vitamin B yang lengkap dalam madu), sehingga anak tumbuh sehat , lincah dan riang serta tahan penyakit.
5. Remaja : Khasiat madu pada akil baligh remaja membuat tumbuh sangat cepat ,gizi yang baik dan teratur akan membuat pertumbuhan tubuh menjadi sempurna.
6. Dewasa : stres adalah kondisi yang banyak dialami oleh para pekerja keras akibat dari kerja keras dan kurangnya asupan makanan bergizi yang pada akhirnya bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti thypus, radang dan infeksi bakteri lainnya. Madu adalah solusi terbaik untuk pekerja keras.
7. Lanjut Usia : untuk kita yang sudah menginjak usia lanjut, kita sadar bahwa organ tubuh kita sudah tidak seperti muda dulu. Jadi hal yang sangat penting dalam membantu stabilitas atau kondisi tubuh kita adalah dengan mengkonsumsi madu


Khasiat Madu Menurut Spesifiknya

madu alamiMadu merupakan produk lebah yang kaya nutrisi dan penuh manfaat. Secara umum, madu berkhasiat untuk menghasilkan energi, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan stamina, dan mempercepat proses penyembuhan. Adapun manfaat dan khasiat madu secara spesifik berdasarkan sumber nektar bunganya antara lain yaitu:

Madu Durian, bermanfaat untuk:
  meningkatkan fungsi otak
  mengatasi insomnia
  mengobati darah rendah
  memperbaiki aliran darah
  mengobati rasa mual

Madu Kaliandra, bermanfaat untuk:
  meningkatkan produksi hormon
  memperlancar sistem pencernaan
  menyembuhkan tekanan darah tinggi
  membuat enak tidur
  membantu pengobatan kanker

Madu Karet, berkhasiat untuk:
  menyembuhkan penyakit hepatitis
  mengatasi keputihan
  menyembuhkan alergi
  meredakan rasa gatal
  meningkatkan fungsi otak
  baik untuk vitalitas pria

Madu Kelengkeng, bermanfaat untuk:
  memperlancar pengeluaran urin
  meningkatkan fungsi otak
  menyembuhkan sakit pinggang
  menyembuhkan maag, batuk, dan pilek

Madu Mahoni, bermanfaat untuk:
  menyembuhkan asam urat
  mengobati malaria
  mengatasi keputihan
  mengatasi tekanan darah tinggi
  mengobati rematik

Madu Multiflora, bermanfaat untuk:
  memperlancar fungsi otak
  menyembuhkan rematik
  mengobati anemia
  meningkatkan nafsu makan
  mengatasi tekanan darah rendah

Madu Kapuk / Randu, bermanfaat untuk:
  meningkatkan nafsu makan
  memperlancar fungsi otak
  menyembuhkan sariawan
  menyehatkan lever
  menyembuhkan demam, batuk, dan pilek
  menghilangkan bau mulut

Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Assalamualaikum.. Temen2 jangan lupa Komentar na ^_^

Alquran @ HamdaniSekumpul