English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 21 September 2009

Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin

BANJARMASIN (KALSEL)
Mesjid Awal Kerajaan Banjar


Masjid ini terletak di tengah Kota Banjarmasin. Sabilal Muhtadin merupakan nama penghargaan terhadap ulama besar Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary (1710-1812) yang selama hidupnya memperdalam dan mengembangkan Islam di Kerajaan Banjar. Masjid Raya Sabilal Muhtadin dibangun di atas tanah seluas 100.000 meter persegi. Posisi mesjid sekarang, pada zaman penjajahan Belanda dikenal dengan Fort Tatas atau Benteng Tatas,
Bangunan masjid mulai dinding, lantai, menara dan turap plaza, keseluruhannya berla¬piskan marmer. Secara total masjid terbesar se-Kalimantan ini mampu menampung 15.000 jamaah. Di bagian dalam bangunan sebanyak 7.500 dan di halaman 7.500.

Sabilal Muhtadin adalah nama sebuah Kitab Fiqh. Nama lengkapnya adalah Sabilal Muhtadin lit-tafaqquh fi amriddin. Kitab ini membicarakan segala hukum agama Islam yang berhubungan dengan muammalat. Penulis kitab ini adalah seorang ulama besar bernama Syekh Muhammad Arsyad seorang putra daerah Kalimantan Selatan, karena itu biasa disebut Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary, yang hidup pada abad ke 18 yang lalu.

Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Assalamualaikum.. Temen2 jangan lupa Komentar na ^_^

Alquran @ HamdaniSekumpul